UGM Wisuda 2.552 Mahasiswa, Ada yang Lulus S1 di Usia 19 Tahun

Kamis, 25 Agustus 2022 - 09:17 WIB
loading...
UGM Wisuda 2.552 Mahasiswa, Ada yang Lulus S1 di Usia 19 Tahun
UGM kembali menggelar prosesi wisuda Program Sarjana dan Diploma. Foto/Tangkap layar laman UGM.
A A A
JAKARTA - UGM kembali menggelar prosesi wisuda Program Sarjana dan Diploma pada 24-25 Agustus 2022 di Grha Sabha Pramana UGM. Dalam prosesi wisuda periode IV ini UGM mewisuda sebanyak 2.552 lulusan.

Rinciannya adalah pada hari pertama mewisuda sebanyak 1.298 lulusan, meliputi 1.059 lulusan Program Sarjana dan 239 lulusan Program Diploma/Sarjana Terapan pada Sekolah Vokasi. Lalu, pada hari kedua mewisuda sebanyak 1.254 lulusan Program Sarjana.

“Selamat atas perolehan gelar akademis jenjang sarjana dan diploma UGM. Tentu, gelar bukanlah puncak capaian saudara tapi jadi awalan bagi langkah pengembangan pengetahuan untuk menghadapai tantangan kedepan,” ujar Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, dikutip dari laman UGM, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Keren, Maba Unpad Pecahkan Rekor Dunia MURI Kreasi Mosaik dari Nyiru

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa pesatnya pengembangan pengetahuan di era disrupsi menuntut setiap individu lebih responsif, adaptif, dan memupuk sikap kerja kolaboratif, serta fleksibel menyongsong gerak perubahan ekosistem global.

Pandemi yang disusul krisis ekonomi politik global memberi dampak kestabilan negara dunia termasuk Indonesia. Namun, dengan gelora optimisme Indonesia berhasil mengendalikan Covid-19 dan menekan laju inflasi di kisaran 4% yang jauh di bawah laju inflasi di ASEAN sebesar 7%.

“Hal ini patut disyukuri, namun kesuksesan agenda pembangunan sosial untuk bertahan dan berkembang di masa depan jadi keutamaan. Situasi ini menjadi tantangan masa depan bagi lulusan UGM, sejauh mana lulusan mampu turut andil menjadi subjek pembangunan masa depan. Hal itu menjadi harapan saat ini dan kita percaya wisudawan wisudawati UGM telah memiliki bekal yang cukup untuk terjun di kehidupan sosial masyarakat,” urainya.

Pada wisuda periode ini terdapat wisudawan dari penerima beasiswa Bidik Misi/Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) sebanyak 382 orang untuk Program Sarjana dan 11 orang untuk Program Diploma. Sementara lulusan dari Daerah 3T sebanyak 89 orang untuk untuk Program Sarjana dan 2 orang untuk Program Diploma.

Masa studi rata-rata untuk wisudawan Program Sarjana adalah 4 tahun 3 bulan. Sedangkan waktu studi tersingkat untuk Program Sarjana diraih Dara Laras Santi dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, FISIPOL, yang lulus dalam waktu 3 tahun 3 bulan 7 hari.

Lalu, masa studi rata-rata untuk Program Sarjana Terapan periode ini adalah 4 tahun 5 bulan, waktu tersingkat untuk lulusan Program Sarjana Terapan adalah Guntoro Yudhy Kusuma dari Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Internet, Sekolah Vokasi, yang menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 5 bulan 12 hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)