Mahasiswa ITB Boyong 4 Medali di Ajang Tri Gantha Akusara Swimming Championship 2022

Kamis, 25 Agustus 2022 - 19:51 WIB
loading...
Mahasiswa ITB Boyong 4 Medali di Ajang Tri Gantha Akusara Swimming Championship 2022
Fikri Adityawan, delegasi Unit Renang dan Polo Air (URPA) ITB dalam perhelatan Tri Gantha Akusara Swimming Championship. Foto/Dok/Humas ITB
A A A
JAKARTA - Fikri Adityawan (Oseanografi‘20), merupakan satu-satunya delegasi Unit Renang dan Polo Air (URPA) ITB dalam perhelatan Tri Gantha Akusara Swimming Championship.

Kompetisi tahunan tingkat Jawa dan Bali tersebut digagas atas kolaborasi antara tiga UKM renang dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Baca juga: Keren! 4 Mahasiswa ITS Juarai Kompetisi Desain Berskala Internasional di Bali

Empat medali yang berhasil dikantongi Fikri, yakni 1 emas pada kategori 50 m Gaya Dada Putra, 2 perak pada kategori 50 m Gaya Bebas Putra dan 100 m Gaya Bebas Putra, serta 1 perunggu pada kategori 100 m Gaya Dada Putra.

Kepiawaiannya dalam berenang sudah mulai dibentuk sejak SD. Ia mengikuti les renang atas dorongan dari orang tua. Fikri pertama kali menapaki karier sebagai atlet profesional di kelas 5 SD dengan mengikuti klub renang.

Saat kelas 6 SD, Fikri mencicipi kompetisi pertamanya di tingkat provinsi. Namun, kesibukan sebagai atlet hanya bertahan sampai kelas 11 SMA karena minimnya dukungan dari sekolah.

Baca juga: Beasiswa BRI 2022 Dibuka hingga 2 September, Ini Benefit dan Jaminan Karier di Bank BUMN

“Ini adalah kali pertama saya berkompetisi lagi setelah beberapa tahun vakum. Saya bersyukur dan senang karena bisa memanfaatkan fasilitas Sarana Olahraga Ganesha (Saraga) yang sangat lengkap, sesuai standar, dan nyaman untuk tempat berlatih. Selain itu, saya juga mendapat dukungan penuh dari rekan-rekan URPA ITB,” ungkapnya.

Kesempatan untuk bisa mengunjungi Kota Gudeg menjadi motivasi terbesarnya dalam kejuaraan kali ini. Kegiatan tersebut memang digelar di Kolam Renang FK UNY Kuningan, Sleman, Yogyakarta pada 6-7 Agustus yang lalu.

“Karena diniatkan untuk jalan-jalan, saya bisa menikmati kompetisi dan tidak tertekan sama sekali. Saya memang mencintai olah raga renang, tapi sekarang fokus utamanya bukan lagi untuk menjadi atlet,” tegas Fikri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1822 seconds (11.210#12.26)