Viral Penampakan Rapor Siswa SD di Jepang, Ternyata Tak Ada Penilaian Angka

Rabu, 31 Agustus 2022 - 07:52 WIB
loading...
Viral Penampakan Rapor Siswa SD di Jepang, Ternyata Tak Ada Penilaian Angka
Penampakan rapor siswa sekolah dasar di Jepang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini tengah viral sebuah video yang menunjukkan bentuk rapor dari siswa Sekolah Dasar (SD) di Jepang. Ternyata sangat berbeda model penilaian rapor siswa SD di Indonesia dan Negeri Sakura.

Penampkakan rapor murid SD di Jepang ini diunggah oleh akun Instagram bernama @fredyfre yang sudah ditonton hingga ribuan kali oleh netizen.



Dalam video yang berdurasi 1 menit tersebut memperlihatkan wujud rapor murid SD di Jepang yang berbentuk lembaran kertas yang dijilid per satu tahun ajaran.

Akun Instagram @fredyfre ini mengungkapkan isi dari rapor tersebut yang tidak meliputi penilaian berupa angka seperti rapor siswa SD di Indonesia pada umumnya.

"Beda banget! Rapor Murid SEKOLAH DASAR Jepang," tulisnya dalam keterangan di videonya.



Video pun berlanjut dengan sang perekam video yang membuka lembaran rapor tersebut yang terpampang nyata aksara-aksara Jepang.

"Rapor berwujud lembaran kertas yang dijilid per 1 tahun ajaran," tulisnya lagi.

Ia kemudian juga menjelaskan bahwa penilaian dalam rapor tersebut tidak menggunakan angka melainkan membubuhkan bentuk-bentuk bidang yang terdiri dari segitiga, lingkaran, dan lingkaran dobel.

Bentuk penilaian seperti itu pun ada maksudnya tersendiri.

"ARTINYA: "Segitiga": sedikit lagi mencapai target. "Lingkaran": sudah memenuhi target. "Lingkaran dobel": melebihi target. Semua dalam perspektif "positif thinking"" tulis akun @fredyfre menjelaskan.

Tak hanya itu, video ini juga menjelaskan bahwa dalam rapor siswa SD di Jepang juga tidak ada sistem ranking karena dikatakan setiap anak hebat dengan karakternya sendiri-sendiri.

Sontak, unggahan ini pun menarik komentar dari para netizen yang melihatnya.

"Coba di indo kyak gini gag bakalan ada emak emak yg bandingin anaknya dlm segi rangking" tulis akun @amaqkangkung15.

"Klo diterapin di indo keren nih untuk case gk ada juara2an biar ank bisa tetep percaya diri dngan kemampuan yg dimilikinya " tulis akun @lestari_cahyani21.

"disini bahkan angkanya di rengkiinggg bestiii beda nol koma bedaaa rwengkinggg" tulis akun @primafiducia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)