Siswa, Ini 10 Tips Maksimalkan Waktu Belajar selama Ujian

Sabtu, 03 September 2022 - 17:11 WIB
loading...
Siswa, Ini 10 Tips Maksimalkan Waktu Belajar selama Ujian
Simak 10 tips untuk agar waktu belajar efektif selama ujian. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ketika musim ujian tiba maka siswa harus bisa memaksimalkan waktu belajar untuk mendapat nilai yang baik. Namun ada kalanya waktu belajar tidak maksimal karena siswa tidak tahu bagaimana cara mengaturnya.

Rata-rata siswa menghabiskan 6-8 jam untuk belajar. Namun saat musim ujian tiba seperti saat Penilaian Tengah Semester (PTS) atau Penilaian Akhir Semester (PAS) siswa akan belajar semakin lama dan sesering mungkin.

Tentu akan sangat tidak efektif jika kalian menghabiskan semalam suntuk untuk mempersiapkan ujian di keesokan harinya. Oleh karena itu, dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 10 tips untuk belajar efektif di masa ujian yang bisa kalian coba.

Baca juga: Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 8-10 Dibuka, Ini Link Pendaftarannya

1. Membuat jadwal kegiatan harian

Bagi kalian yang suka membuat 'to do list' atau daftar pekerjaan sehari-hari, hal ini dapat membantumu supaya lebih disiplin dan produktif terutama dalam belajar. Kalian bisa menyusun jadwal harian secara tepat, kalau perlu dari bangun tidur sampai tidur lagi, agar kegiatan lebih terorganisir. Kalian bisa menentukan waktu mulai belajar, durasi/lama waktu belajarnya, mau belajar apa, dan targetnya. Usahakan jadwal kegiatan harian ini dilakukan secara rutin dan disiplin supaya menjadi kebiasaan sehari-hari.

2. Belajar 30 menit

Sebuah studi dari Kansas State University merekomendasikan untuk memberikan spesifik waktu untuk belajar setiap mata pelajaran. Alasannya, agar dapat tetap fokus pada satu topik. Pada dasarnya, otak kita hanya dapat menyerap informasi secara efektif selama 15 menit pertama dan 15 menit terakhir ketika belajar.

Artinya, semua yang dipelajari di tengah-tengah waktu tersebut adalah yang paling mudah untuk kamu lupakan dengan cepat. Otak kita tidak melulu mampu menyerap banyak hal di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, bisa gunakan waktu selama 30 menit.

3. Buat skala prioritas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)