Pengertian, Sifat, dan Rumus Kimia Alkohol

Minggu, 04 September 2022 - 12:17 WIB
loading...
Pengertian, Sifat, dan Rumus Kimia Alkohol
Laboratorium. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengertian, sifat, dan rumus kimia alkohol akan dibahas pada artikel kali ini untuk menjawab rasa ingin tahu. Simak penjelasan berikut supaya memahami lebih dalam tentang unsur-unsur alkohol.

Saat ini alkohol banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, minuman, farmasi hingga otomotif. Fungsi alkohol ini golongkan berdasarkan kelasnya masing-masing.



Misalnya metanol digunakan sebagai bahan pelarut. Selain itu juga berguna untuk untuk obat-obatan, pupuk hingga plastik. Ada juga etanol sebagai bahan dasar minuman wine, etil glikol sebagai pelarut cat dan bahan pelarut, gliserol sebagai bahan kosmetik dan pelarut untuk obat-obatan.

Simak ulasan pngertian, sifat, dan rumus kimia alkohol. Alkohol atau alkanol adalah istilah kimia umum untuk senyawa organik di mana gugus hidroksil (-OH) terikat pada atom karbon, yang juga terikat pada atom hidrogen atau atom karbon lain.

Alkohol dalam istilah umum disebut juga sebagai grain alcohol atau ethanol. Alkohol banyak digunakan dalam industri dan sains sebagai reagen, bahan bakar dan pelarut.



Berdasarkan jenisnya, alkohol terbagi menjadi tiga jenis yaitu alkohol primer, alkohol sekunder dan alkohol tersier. Berikut penjelasannya:

Alkohol Primer: Gugus fungsi (-OH) terikat pada C tersier. Jika teroksidasi alkohol primer akan membentuk senyawa aldehid lalu berubah menjadi karboksida.

Alkohol Sekunder: Gugus fungsi (-OH) terikat pada C sekunder. Alkohol sekunder dapat teroksidasi kemudian membentuk senyawa keton
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0922 seconds (0.1#10.140)