Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Pendeteksi Kecelakaan untuk Pengendara Roda Dua

Kamis, 08 September 2022 - 18:10 WIB
loading...
Mahasiswa UGM Ciptakan Jaket Pendeteksi Kecelakaan untuk Pengendara Roda Dua
Penampakan jaket pendeteksi kecelakaan karya dari mahasiswa UGM. Foto/Tangkap layar laman UGM.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM menciptakan produk untuk mengurangi korban jiwa kecelakaan lalu lintas. Jaket yang dinamai Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino mampu mendeteksi terjadinya kecelakaan pada penggunanya.

Jaket tersebut dibuat Ademas Alam Pangestu (Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol), Genesis Junior Sumlang (Teknologi Rekayasa Elektro), Wahyu Agong Nugroho Jati (Teknologi Rekayasa Mesin), Alfian Eka Setyawan (Teknologi Rekayasa Mesin), dan Saadah Mardatilah (Teknologi Rekayasa Internet). Dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karya Inovatif (PKM-KI) UGM dan memperoleh sumber dana dari Kemendikbudristek.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Terbaik di Bali dengan Prospek yang Menjanjikan

Ademas mengatakan, awal adanya ide pembuatan produk ini untuk mengurangi korban jiwa kecelakaan lalu lintas. Data Korlantas Polri yang dipublikasikan Kementerian Perhubungan menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia mencapai 103.645 kasus pada tahun 2021. Angka kasus kecelakaan tersebut terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Oleh sebab itu, kami memandang perlu adanya peningkatan Safety Riding tambahan, guna menekan angka korban jiwa kecelakaan lalu lintas terutama roda dua,” katanya, dikutip dari laman UGM, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: UMB Gelar Ristek Exhibition 2022, Penguatan Kolaborasi Riset Menuju World Class University

Lebih lanjut ia menjelaskan produk Jacket Air Chuison Restraint Safety System Berbasis Arduino dapat mendeteksi kecelakaan secara otomatis dengan menggunakan sistem mikrokontroler dan sensor otomatis. Apabila terjadi perubahan percepatan yang signifikan dan kemiringan jaket yang melebihi derajat tertentu secara bersamaan, maka jaket akan mengembang secara cepat dengan tekanan udara yang tinggi.

"Jaket telah didesain untuk mengamankan tubuh pengguna jika terjadi kecelakaan dan terdapat tekanan udara yang tinggi di dalam jaket,” terangnya.

Dosen pendamping tim PKM Ir. Maun Budiyanto, mengharapkan produk ini dapat segera diproduksi secara massal dan digunakan oleh masyarakat luas guna meningkatkan keamanan berkendara roda dua. Ia juga menerangkan bahwa perkembangan teknologi mikrokontroler yang pesat dapat meningkatkan percepatan adanya karya inovatif yang baru.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)