Sejarah Berdirinya Fakultas Teknik UGM dan Hubungannya dengan Bandung Lautan Api

Minggu, 18 September 2022 - 22:46 WIB
loading...
Sejarah Berdirinya Fakultas Teknik UGM dan Hubungannya dengan Bandung Lautan Api
Fakultas Teknik UGM. Foto/Dok/UGM
A A A
JAKARTA - Siapa yang tidak tau Fakultas Teknik UGM ? Fakultas di Universitas ternama dalam negeri ini ternyata ada kaitannya dengan Bandung Lautan Api loh.

Sejak kedatangan Brigade MacDonald bersama sekutu ke Indonesia pada 12 Oktober 1945, saat itu pasukan sekutu meminta agar para penduduk segera menyerahkan senjata api miliknya, kecuali pada Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan polisi.

Baca juga: Sederet Artis Ibu Kota yang Pernah Jadi Guru, Ada Nagita Slavina dan Maia Estianty

Namun, ketika saat itu orang-orang Belanda yang baru dibebaskan dari tawanan melakukan penyerangan, terjadilah bentrokan antara TKR dan sekutu Inggris.

Karena penyerangan tersebut, MacDonald memberikan perintah kepada Gubernur Jawa Barat untuk segera mengosongkan Bandung Utara oleh penduduk tak terkecuali para pasukan bersenjata, dalih menjaga keamanan pada 21 November 1945.

Sayangnya, perintah tersebut tidak digubris oleh para Tentara Republik Indonesia (TRI). Maka saat itu, sekutu segera turun tangan dengan memberikan perintah untuk mengosongkan kota Bandung pada 23 Maret 1946, di mana peristiwa Bandung Lautan Api terjadi.

Baca juga: Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim Bergelar Sir Pertama di Indonesia dari Kerajaan Inggris

Saat itu, seluruh kota Bandung dibumihanguskan oleh para TRI karena tidak rela apabila Bandung dimanfaatkan para sekutu dan NICA, sehingga asap-asap hitam mengular di kota itu.

Berdirinya Fakultas Teknik UGM

Akibat dari desakkan MacDonald karena penyerangan antara TKR dan sekutu, Sekolah Tinggi Teknik (STT) Bandoeng yang merupakan sekolah hasil pengalihan kekuasaan pemerintah Jepang ke Pemerintahan Republik Indonesia segera mengungsi ke Yogyakarta pada Januari 1946.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0986 seconds (10.55#12.26)