Mengenal Sejarah Berdirinya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Senin, 19 September 2022 - 13:14 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Berdirinya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Gadjah Mada (UGM) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia . Dengan standar dan tingkat persaingan masuk yang ketat, perguruan tinggi ini telah banyak melahirkan lulusan-lulusan yang unggul dan kompeten di bidangnya.

UGM didirikan pada 19 Desember 1949. Dikutip dari laman resminya, Universitas Gadjah Mada (UGM) lahir pada periode awal kemerdekaan bangsa Indonesia dan dikukuhkan sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional.

Baca juga : UGM Tembus 50 Universitas Terbaik Dunia

Dalam sejarahnya, pendirian universitas ini diketahui sebagai hasil gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang sudah berdiri sebelumnya. Sebut saja seperti Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo dan Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

Adapun penggabungan beberapa sekolah tinggi tersebut disahkan oleh Peraturan Pemerintah No.23 Tahun 1949 tentang Peraturan Penggabungan Perguruan Tinggi menjadi Universiteit.

Penyematan nama Gadjah Mada sendiri bukanlah tanpa alasan. Nama tersebut memiliki semangat dan keteladanan Mahapatih Gadjah Mada dalam tujuannya untuk menyatukan nusantara.

Pada awalnya, Universitas Gadjah Mada terdiri dari enam fakultas, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Sastra dan Filsafat, serta Fakultas Kedokteran Hewan.

Saat itu, proses pembelajaran dilakukan di Sitinggil dan Pagelaran dengan menggunakan ruangan kamar atau fasilitas lain di lingkup Keraton Yogyakarta. Sekitar tahun 1951, pembangunan kampus bulaksumur dimulai.

Pada perkembangannya, sekitar tahun 1960-an Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah mempunyai berbagai fasilitas seperti pemancar radio, rumah sakit, serta sarana prasarana lain yang ditujukan untuk mendukung proses pembelajaran maupun melayani kepentingan umum (masyarakat).

Baca juga : UGM Jadi PTN Paling Diminati di SBMPTN

Saat ini, UGM sudah memiliki cukup banyak menyediakan program pendidikan yang meliputi program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, hingga diploma. Tak hanya itu, beberapa fakultas juga telah membuka program internasional.

Beberapa jurusan yang dimiliki UGM saat ini di antaranya adalah Fakultas Biologi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Farmasi, Fakultas Filsafat, Fakultas Geografi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, dan lainnya.

Seiring perkembangannya, Universitas Gadjah Mada (UGM) terus tumbuh dan menjadi salah satu Universitas paling populer di Indonesia. Tercatat, cukup banyak alumninya yang sukses dan berkarier di berbagai bidang, termasuk pemerintahan.

Sebut saja seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Mahfud MD, Airlangga Hartarto, dan masih banyak lainnya.

Selain itu, pada berbagai pemeringkatan yang dilakukan terhadap perguruan tinggi atau universitas, UGM selalu masuk dan mengisi jajaran teratas. Sebagai contoh, pada daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia versi Unirank 2022 edisi Agustus, UGM berada di posisi kedua.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)