Syahrul, Mahasiswa UMM yang Juara di Olimpiade Siswa Nasional

Selasa, 20 September 2022 - 10:34 WIB
loading...
Syahrul, Mahasiswa UMM yang Juara di Olimpiade Siswa Nasional
Muhammad Syahrullah SR, mahasiswa UMM ini berhasil memborong 2 medali perak dalam Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Hari Kemerdekaan 2022. Foto/Dok/UMM
A A A
JAKARTA - Keterbatasan bukanlah suatu halangan untuk tetap berprestasi, begitu kiasan yang tepat diberikan kepada Muhammad Syahrullah SR mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Ia berhasil memborong dua medali perak dalam Olimpiade Siswa Nasional ( OSN ) Hari Kemerdekaan 2022 yang diadakan oleh Lembaga Prestasi Indonesia Gemilang (Prestige) pada akhir Agustus lalu. Total, ada ribuan mahasiswa yang bersaing dan mengikuti kompetisi tersebut.

Baca juga: Gaet Asia University Taiwan, Fakultas Psikologi UMM Buka Program Joint Degree

Uniknya, pemuda yang kerap disapa Syahrul merupakan mahasiswa baru angkatan 2022 dari Program Studi Ekonomi Syariah UMM. Ia menceritakan awal mulanya berasal dari keresahannya semasa sekolah yang tidak bisa mengikuti olimpiade. Hal itu dikarenakan ia merupakan anak SMK, sementara OSN di daerahnya lebih sering diperuntukkan bagi anak-anak SMA.

“Akhirnya saat menjadi mahasiswa, saya ingin lebih giat mengikuti lomba dan akhirnya mampu mengikuti olimpiade tingkat nasional yang diadakan oleh Lembaga Prestige,” ujar Syahrul dalam keterangan pers, Selasa (20/9/2022).

Ia berhasil meraih dua medali perak dari cabang lomba matematika dan ekonomi. Total ada 1000 lebih mahasiswa yang mengikuti mata lomba matematika dan 1300 lebih mahasiswa yang mengikuti mata lomba ekonomi.

Baca juga: 92 Mahasiswa Indonesia Bertalenta Raih Beasiswa dari Daewoong Foundation

Sebelum perlombaan, jauh-jauh hari ia telah belajar dengan giat dengan memaksimalkan buku-buku yang dibaca dan berbekal gawai sederhana yang ia miliki. Selain itu, ia menyadari jika bahwa mental merupakan aspek penting agar bisa bersaing dengan mahasiswa se-Indonesia.

“Pengalaman yang sangat berharga bisa mengikuti lomba ini, terlebih lagi bersaing melawan ribuan mahasiswa dari berbagai kampus terkemuka di Indonesia. Kendala yang saya hadapi mungkin dari segi handphone yang cukup lawas sehingga beberapa kali ngelag,” ungkapnya.

Meski begitu, ia bersyukur bisa berkuliah di UMM. Apalagi dengan banyaknya wadah untuk meningkatkan potensi masing-masing mahasiswa. Ia bertekad untuk mengasah ilmunya di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ONMIPA yang memang sudah tersedia di Kampus Putih UMM. Saling berbagi dan belajar bersama teman mahasiswa lain dan mengukir prestasi.

Syahrul yakin, berawal dari prestasi yang baru saja diraih, ia mampu berprestasi lebih tinggi selama di UMM. Sebab baginya, UMM memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang begitu beragam di tingkat universitas dan segala informasi terkait perlombaan juga sangat lengkap. Terlebih ia telah mengincar UKM yang kelak ditapaki untuk lebih berprestasi dan mengharumkan nama UMM.

“Saya berharap semoga ini bisa menjadi batu loncatan untuk mengharumkan nama UMM dan berhubung saya mendapatkan beasiswa di sini, sudah sepantasnya bisa berkontribusi untuk Kampus Putih UMM,” ucapnya.

Terakhir, ia berpesan kepada anak muda untuk tidak lelah berjuang mencapai tujun yang telah ditancapkan. Baginya, masa muda harus dimanfaatkan dengan baik. “Manfaatkan potensi yang Allah kasih karena itu merupakan salah satu bentuk kesyukuran yang akan membawa kita pada keberhasilan,” pungkasnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1678 seconds (11.210#12.26)