Mudahkan Alumni Ambil Ijazah, SMKN 5 Bandung Buat Terobosan Pengiriman Via Kurir

Kamis, 22 September 2022 - 07:41 WIB
loading...
Mudahkan Alumni Ambil Ijazah, SMKN 5 Bandung Buat Terobosan Pengiriman Via Kurir
Kegiatan Gebyar Pengambilan Ijazah di SMKN 5 Bandung, Rabu (21/9/2022). Foto/Dok/SMKN 5 Bandung
A A A
BANDUNG - SMKN 5 Bandung membuat terobosan pengiriman ijazah lewat kurir. Inovasi tersebut bertujuan untuk memudahkan para alumninya mendapatkan ijazah di tengah kesibukannya bekerja.

Terobosan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Gebyar Pengambilan Ijazah yang telah dilaksanakan SMKN 5 Bandung sejak Juli 2022 lalu, menyusul fenomena banyaknya alumni yang belum mengambil ijazah karena sibuk bekerja.

Baca juga: Beasiswa LPDP Siapkan Kuota bagi 3.256 Mahasiswa di 2023, Cek Info Lengkapnya

"Gebyarnya kami gelar kembali biar ngegas, biar banyak lagi pengambilannya. Di September tanggal 6 kemudian 19 September ada juga gebyar untuk semua kompetensi keahlian dan semua angkatan. Alhamdulillah hari ini kami laksanakan gebyar kembali," ujar Kepala Sekolah SMKN 5 Bandung, Dini Yuningsih di sela kegiatan Gebyar Pengambilan Ijazah di SMKN 5 Bandung, Rabu (21/9/2022).

Menurut Dini, hingga saat ini, jumlah ijazah yang sudah diambil para alumni mencapai 80 persen dari total sekitar 500 ijazah. Dia pun berharap, inovasi menggandeng kurir dalam pembagian ijazah membantu alumni yang sibuk bekerja mendapatkan ijazah tanpa harus datang ke sekolah. "Kita juga gencarkan pengiriman ijazah door to door melalui kurir," imbuhnya.

Sebelum pelaksanaan Gebyar Pengambilan Ijazah, lanjut Dini, pihaknya juga menyampaikan pemberitahuan melalui surat kepada para pemilik ijazah untuk segera mengambilnya di sekolah.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Jawa Barat Versi UniRank 2022, UI Bertengger di Puncak

"Alhamdulillah progresnya bagus. Insya Allah apa yang kami lakukan juga meringankan kami dalam penyimpanan pendokumenan karena menyimpan ijazah ini beban buat kami," ungkapnya.

Menurutnya, para alumni yang belum mengambil ijazah ini biasanya disibukkan oleh pekerjaan. Sebab, lulusan SMK, khususnya SMKN 5 Bandung umumnya langsung bekerja di tempat mereka melaksanakan praktek kerja lapangan (PKL) dengan hanya berbekal sertifikat kompetensi.

"Jadi biasanya, kalau alumni SMKN ini setelah lulus langsung bekerja di tempat PKL-nya dulu. Hanya berbekal sertifikat kompetensi. Padahal, ijazah ini penting. Kalau mau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi kan butuh ijazah," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1025 seconds (10.55#12.26)