Profil Universitas Patrice Lumumba Rusia, Kampus Murad Aidit Adik DN Aidit

Jum'at, 23 September 2022 - 16:27 WIB
loading...
Profil Universitas Patrice Lumumba Rusia, Kampus Murad Aidit Adik DN Aidit
Universitas Patrice Lumumba merupakan salah satu Perguruan Tinggi ternama di Rusia. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Universitas Patrice Lumumba merupakan salah satu Perguruan Tinggi ternama di Rusia. Murad Aidit yang merupakan adik dari D.N. Aidit sempat menuntut ilmu di sekolah tersebut.

Sebelum bernama Universitas Patrice Lumumba, perguruan tinggi ini bernama Universitas Persahabatan Rakyat Rusia. Dilansir dari eng.rudn.ru, Universitas ini didirikan pada 5 Februari 1960 oleh Pemerintah Uni Soviet.

Baca juga : Rusia Diduga Serang 2 Universitas Ukraina dengan 10 Rudal

Tujuan dibentuknya sekolah ini ialah untuk membantu negara berkembang terutama dalam hal pendidikan. Sehingga setiap warga negara di negara berkembang teruntuk yang berada di wilayah Asia, Afrika dan Amerika Latin agar dapat menuntut ilmu tanpa harus tunduk pada konteks politik.

Pada tahun 1961, universitas ini berganti nama menjadi Universitas Persahabatan Rakyat Patrice Lumumba untuk menghormati tokoh revolusioner dan perdana menteri Kongo Patrice Lumumba.

Pada tahun pertamanya, terdaftar 539 mahasiswa asing dari 59 negara. Selain menjadi sekolah Murad Aidit, Universitas Patrice Lumumba juga menjadi tempat Carlos the Jackal sang teroris paling diburu menuntut ilmu.

Universitas Patrice Lumumba sempat tenar di tahun 1980-an, bahkan sempat dijuluki 'Oxford Rusia' kala itu. Perguruan ini juga lebih dikenal dengan nama RUDN University saat ini.

Saat ini pemegang kekuasaan tertinggi di RUDN University ini adalah Filippov Vladimir Mikhaylovich, sementara posisi Rektor dijabat oleh Oleg Yastrebov.

Baca juga : Mahasiswa Umbar Tembakan di Universitas Rusia, 8 Tewas, 6 Luka

Terdapat lima fakultas yang diusung oleh RUDN University, di antaranya Fakultas Kemanusiaan dan Ilmu Sosial, Fakultas Filologi, Fakultas Sains, Fakultas Pra-Universitas Digital, dan Fakultas Ekonomi.

Universitas ini berlokasi di Moskow Barat yang terbagi di dua tempat. Kampus utama PFUR terletak di sepanjang Jalan Miklukho-Maklaya, dan Kampus Akademi Teknik dan Fakultas Sains terletak di Jalan Ordzhonikidze.

Telah lebih dari 200.000 alumni dari Perguruan Tinggi ini tersebar di 170 negara. Universitas ini juga dikenal memiliki banyak koneksi di luar negeri.

Dalam peringkat yang diterbitkan oleh Center for World University Rankings tahun 2022, Universitas Patrice Lumumba berada di posisi ke 1,635 dunia.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1231 seconds (11.97#12.26)