Sejarah UI, Universitas Tertua di Indonesia Jadi Cikal Bakal Lahirnya Kampus Bergengsi Lainnya

Minggu, 25 September 2022 - 19:08 WIB
loading...
Sejarah UI, Universitas Tertua di Indonesia Jadi Cikal Bakal Lahirnya Kampus Bergengsi Lainnya
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI), selain menjadi langganan kampus dengan ranking terbaik di Indonesia, UI juga merupakan universitas tertua di Tanah Air. UI didirikan oleh Belanda, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Pada tahun 1849, Universitas Indonesia merupakan sekolah tinggi ilmu kesehatan yang dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama Dokter Djawa School di Batavia.

Baca juga: 30 Universitas Terbaik di Jakarta Versi UniRank 2022, Ini Daftarnya

Kemudian pada tahun 1894 berubah nama menjadi STOVIA yang merupakan singkatan dari School Tot Opleiding Van Indische Artsen (school of medicine for indegenous doctors).

Sayangnya, pada 1927 setelah 75 tahun, STOVIA yang menjadi tempat pendidikan terbaik untuk para calon dokter, terpaksa harus ditutup.

Namun, pada 1920 telah berdiri beberapa sekolah tinggi seperti sekolah tinggi ilmu teknik di Bandung dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng (cikal bakal Institut Teknik Bandung).

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, Hampir 50 Persen Kampus Top dari Swasta

Pada 1924 berdiri sekolah tinggi ilmu hukum di Batavia dengan nama Recht Hoogeschool (cikal bakal fakultas hukum).

Pada 1940 berdiri sekolah tinggi ilmu sastra dan kemanusiaan di batavia dengan nama Faculteit Der Retteren er Wijsbegeerte (cikal bakal fakultas sastra dan kemanusiaan).

Setahun kemudian, pada 1941 berdiri sekolah tinggi ilmu pertanian di bogor dengan nama Faculteit Van Landbouwweteschap (cikal bakal institut pertanian Bogor).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2145 seconds (11.97#12.26)