Profil Prof Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Indonesia yang Pernah Menjadi Ketua Umum BAZNAS

Rabu, 28 September 2022 - 14:13 WIB
loading...
Profil Prof Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Indonesia yang Pernah Menjadi Ketua Umum BAZNAS
Prof Bambang Sudibyo merupakan mantan Menteri Pendidikan Indonesia. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prof Bambang Sudibyo merupakan mantan Menteri Pendidikan Indonesia yang juga sempat menjabat sebagai Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional .

Dilansir dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Bambang Sudibyo lahir di Temanggung, Jawa Tengah, 8 Oktober 1952. Mantan Menteri Pendidikan ini menghabiskan masa kecil hingga remaja bersama keluarganya di Temanggung.

Baca juga : Tips Raih Akreditasi Unggul ala Mantan Mendikbud Prof. Bambang Sudibyo

Ketika menginjak usianya yang ke 18 tahun, Prof Bambang keluar dari kampung halamannya untuk menimba ilmu di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan mengambil jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi yang diselesaikannya pada tahun 1977.

Kemudian pada tahun 1979 dia berhasil mendapat beasiswa negara untuk mengambil program MBA di Universitas North Carolina, Amerika Serikat. Tak berselang lama, Bambang Sudibyo kembali meninggalkan tanah air untuk mengenyam pendidikan di Universitas Kentucky sampai tahun 1985 dengan mengambil program doktor bidang business administration.

Setelah kembali ke Indonesia pada tahun 1988, dia sempat bergabung dalam proses pendirian Magister Manajemen UGM (MM UGM). Karirnya di Universitas tersebut terus berlanjut hingga dipercaya untuk menjabat sebagai Direktur dan Pengelola Akademik tahun 1993-1999.

Selain berkiprah di UGM, pria asal Temanggung ini juga memiliki peran sebagai Anggota Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) tahun 1977, dan masuk dalam jajaran Anggota Konsorsium Ilmu Ekonomi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tahun 1989. Termasuk menjadi anggota Dewan Penyantun STIE Yogyakarta di tahun 1994.

Sebagai seorang akuntan, Bambang juga sempat bekerja sebagai konsultasi manajemen dan akuntansi publik di Kantor Akuntan Hadori & Co (1975), Associate Member, American Accounting Association (1981), Koordinator Akademik Ujian Negara Akuntan (1989), Koordinator Akademik Proyek Pengembangan Pendidikan Akuntansi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1989).

Terjunnya Bambang Sudibyo di dunia politik dimulai ketika ikut mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN) tahun 1998, menjabat sebagai Ketua Dewan Ekonomi pada November 1998-April 1999 berbarengan dengan masuknya dia ke dalam jajaran Anggota Komite Kebijakan Publik Kementerian Pendayagunaan BUMN tahun 1998. Setahun berselang, dia menjadi Anggota Tim Penasihat Khusus Presiden.

Baca juga : Mengenal Sudibyo, Legenda Hidup UI Dikenal sebagai Dirigen dan Pendiri Vocademia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)