Sejarah Berdirinya Universitas Gunadarma yang Masuk Top 20 Nasional UniRank 2022

Kamis, 29 September 2022 - 19:33 WIB
loading...
Sejarah Berdirinya Universitas Gunadarma yang Masuk Top 20 Nasional UniRank 2022
Sejarah berdirinya Universitas Gunadarma yang masuk Top 20 nasional UniRank 2022. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Gunadarma telah memiliki sejarah dan perjuangan yang panjang dalam pendiriannya. Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di peringkat 17 di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2022.

Universitas Gunadarma berdasarkan data akreditasi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah terakreditasi A secara institusi. Kejelasan akan akreditasi ini menjadi salah satu alasan calon mahasiswa mencari kampus terbaik untuk kuliah.

Alamat pusat Universitas Gunadarma berada di Jalan Margonda Raya 100, Depok, Jawa Barat. Namun Gunadarma juga telah membuka beberapa cabang di kota lain di antaranya di Bekasi juga di Jakarta seperti di Salemba dan Kramat Raya.

Baca juga: Unpad dan Binus Bakal Buka Buka Program Magister Double Degree

Universitas Gunadarma juga telah memiliki sejumlah program studi yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT. Yaitu jurusan Teknik Informatika, Sistem Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Manajemen.

Namun Gunadarma juga memiliki beragam jurusan unggulan seperti Teknik Industri, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Arsitektur, Desain Interior, Sastra Tiongkok, Sastra Inggris, Farmasi, Ekonomi Syariah, Psikologi, hingga Kedokteran.

Dikutip dari laman resminya, sejarah pendirian Universitas Gunadarma bisa ditelisik sejak 1981. Yakni pada 7 Agustus tahun itu berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma.

Baca juga: 3 Universitas Nahdlatul Ulama Terbaik Versi Webometrics 2022

Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma).Pada 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE.

Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi Universitas Gunadarma bersama dengan empat fakultas baru. Yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.

Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1755 seconds (11.210#12.26)