Bantu Mahasiswa Berprestasi Tak Mampu, Puslapdik Pastikan KIP Kuliah Selalu Tersedia

Kamis, 29 September 2022 - 18:17 WIB
loading...
Bantu Mahasiswa Berprestasi Tak Mampu, Puslapdik Pastikan KIP Kuliah Selalu Tersedia
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk membantu calon mahasiswa yang terkendala biaya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan ( Puslapdik ) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Abdul Kahar mengatakan,KIP Kuliah bertujuan untuk membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik akan tetapi secara ekonomi perlu dibantu.

"Pada dasarnya, KIP Kuliah buka sepenuhnya, pendaftarannya sepanjang tahun. Tergantung mau memilih jalur mana dan tujuannya kemana perguruan tinggi yang dituju," ujar Kepala Puslapdik Kemendikbudristek Abdul Kahar di Jakarta, Kamis (29/9/2022).



Dia mencontohkan, jika seorang calon mahasiswa mau mendaftar jalur seleksi berdasarkan prestasi atau SNMPTN maka calon mahasiswa tersebut bisa mendaftar KIP Kuliah.

Namun jika mahasiswa tersebut tidak lolos seleksi jalur prestasi maka bisa kemudian mendaftar seleksi berdasarkan tes atau SBMPTN.



"Namun, jika calon mahasiswa tidak lolos juga lewat jalur SBMPTN, maka bisa mendaftar dengan menggunakan jalur mandiri," kata dia.

Kemendikbudristek juga tidak membedakan antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Hal itu karena KIP Kuliah menyasar mahasiswa dimanapun tempat kuliahnya.

Minimum akreditasi perguruan tinggi tersebut yakni C. "Tidak ada perbedaan antara PTN dan PTS, sama-sama punya hak menyelenggarakan KIP Kuliah," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2593 seconds (0.1#10.140)