10 Universitas Terbaik di Jakarta Menurut Webometrics 2022

Jum'at, 30 September 2022 - 10:06 WIB
loading...
10 Universitas Terbaik di Jakarta Menurut Webometrics 2022
10 universitas terbaik di Jakarta menurut Webometrics 2022. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta banyak yang masuk pemeringkatan Webometrics 2022. Tidak hanya yang berstatus perguruan tinggi negeri namun juga perguruan tinggi swasta.

Webometrics merupakan sebuah situs pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia. Dikutip dari situs resminya, Webometrics Ranking of World Universities adalah inisiasi dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC).

CSIC merupakan badan penelitian publik terbesar di Spanyol dan salah satu yang terbesar di Eropa. Setiap tahunnya, pemeringkatan dipublikasikan sebanyak dua kali. Biasanya diumumkan pada akhir Januari atau Juli.

Baca juga: Pemerintah Serbia Tawarkan Beasiswa S2-S3 untuk Pelajar Indonesia

Program ini diketahui pertama kali dilakukan pada tahun 2004. Saat ini, Webometrics telah memberi peringkat kepada lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di 200 negara di dunia.

Indikator yang digunakan untuk menilai dan membuat pemeringkatan terdiri dari tiga indikator. Yakni Visibility atau Web Content Impact dengan bobot 50%, Transparancy yang berbobot 10%, dan Excellence dengan bobot 40 % dari penilaian.

Dikutip dari laman resmi Webometrics, berikut ini 10 perguruan tinggi di DKI Jakarta yang masuk pemeringkatan Webometrics edisi Juli 2022.

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki kampus utama di bagian utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan Depok dengan wilayah Jakarta Selatan. Sementara kampus utama lainnya terdapat di Salemba, Jakarta Pusat.

UI memiliki 17 fakultas, di antaranya Fakultas Kedokteran, Hukum, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Komputer, Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Pendidikan Vokasi, hingga Sekolah Ilmu Lingkungan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2594 seconds (11.210#12.26)