Langganan Juara, Kepala MAN 2 Kota Malang: Tugas Kami Kembangkan Potensi Siswa

Jum'at, 30 September 2022 - 18:13 WIB
loading...
Langganan Juara, Kepala MAN 2 Kota Malang: Tugas Kami Kembangkan Potensi Siswa
Kepala MAN 2 Kota Malang Muhammad Husnan saat menerima delegasi Pendis Kemenag di ruangannya, Kota Malang, Kamis (29/9/2022). Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
MALANG - Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Malang tak pernah absen mengirimkan lebih 300 delegasinya di ajang olimpiade dan riset tingkat nasional. Bahkan, 16 siswa di antaranya tembus sampai tingkat internasional.

Ribuan alumni MAN 2 Kota Malang juga melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi favorit di dalam negeri, mulai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), dan lainnya.

Baca juga: Keren! MIN 1 Kota Malang Setiap Tahun Raih Ribuan Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional

Alumninya juga tersebar di berbagai perguruan tinggi kelas dunia yang ada di semua benua. Di antara mereka, ada yang kuliah di Jepang, Jerman, Rusia, Irlandia, Amerika, Timur Tengah, Mesir, dan Australia.

Lulusan tahun 2022 misalnya, 116 siswa di antaranya diterima Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Karena sudah diterima, mereka tidak lagi mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Meski demikian, MAN 2 Kota Malang masih dapat menduduki peringkat 19 dari Top 1.000 rerata hasil UTBK 2022. “Tugas kami adalah mengembangkan bakat dan potensi para siswa,” kata Kepala MAN 2 Kota Malang Muhammad Husnan di ruangannya, Kota Malang, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Ini Cara MIN 1 Kota Malang Kenalkan Khasanah Budaya Indonesia kepada para Siswa

“Ketika anak punya potensi bagus, madrasah siap support,” sambungnya.

Menurut Husnan, pemetaan potensi siswa sudah dilakukan sejak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). PPDB MAN 2 Kota Malang, dibuka untuk dua jalur, prestasi dan reguler. Untuk jalur prestasi, mencakup prestasi akademik dan non akademik.

Karenanya, siswa MAN 2 Kota Malang tidak hanya menonjol pada prestasi akademik, tetapi juga non akademik. Misalnya, pramuka, taekwondo, robotik, Pidato Bahasa Arab dan Inggris, dan lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1419 seconds (10.101#12.26)