Tembus Peringkat Ke-89 Nasional UniRank 2022, Universitas Pertamina Terus Berbenah

Senin, 03 Oktober 2022 - 15:26 WIB
loading...
Tembus Peringkat Ke-89 Nasional UniRank 2022, Universitas Pertamina Terus Berbenah
Universitas Pertamina. Foto/Dok/Humas UP
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina (UPER) yang baru berusia enam tahun, baru-baru ini ditempatkan UniRank dalam peringkat 89 perguruan tinggi terbaik nasional. Di Jakarta, Universitas Pertamina menduduki peringkat 12 PTS terbaik versi UniRank.

"Dengan peringkat yang terus membaik, animo calon mahasiswa pada Universitas Pertamina terus menujukkan peningkatan. Meski kondisi ekonomi yang tengah menurun, pendaftaran mahasiswa baru meningkat hampir 15 persen pada 2022 dibandingkan 2020," ujar Rektor Universitas Pertamina, Prof. IGN Wiratmaja Puja dalam keterangan pers, Senin (3/10/2022).



Profesor Philip G. Albatch, pakar pendidikan tinggi internasional dari Boston College, Amerika Serikat, menyebut ranking sebagai bentuk akuntabilitas. Para orang tua siswa, tentunya ingin memilih perguruan tinggi terbaik bagi putra-putrinya. Ranking dianggap sebagai cara yang efektif untuk mempertimbangkan pilihan perguran tinggi.

UniRank sendiri mengukur pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan beberapa parameter. Aspek-aspek yang mendapat porsi penilaian dominan adalah kualitas pendidikan, kinerja riset akademik, serta fasilitas dan kenyamanan mahasiswa.

Daniel Van Vriezer Situmeang, mahasiswa UPER Program Studi Teknik Perminyakan, menyebut atmosfir pendidikan di Universitas Pertamina mendukung mahasiswa untuk berprestasi.



"Dengan kurikulum yang disusun sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, kami lebih memahami tantangan di dunia nyata. Kedekatan dengan industri juga memberi kami pemahaman lebih mendalam," jelasnya.

Daniel bersama tim Universitas Pertamina akan mewakili perguruan tinggi regional Asia Pasifik dalam kompetisi PetroBowl Society of Petroleum Engineers (SPE) pada Konferensi Internasional SPE di Houston pada 3 Oktober.

Riset dan kerja sama dengan industri di Universitas Pertamina dilaksanakan di antaranya melalui pusat studi (Center of Excellence/CoE). Saat ini, terdapat sebelas CoE di bidang teknologi, bisnis, dan energi yang menjalin kerja sama dengan industri, pemerintah, dan institusi pendidikan lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)