7 Artis Alih Profesi Jadi PNS, Mulai dari Dosen hingga Pegawai Pajak

Senin, 03 Oktober 2022 - 20:31 WIB
loading...
7 Artis Alih Profesi Jadi PNS, Mulai dari Dosen hingga Pegawai Pajak
Risa Saraswati (Foto: Instagram)
A A A
JAKARTA - Dunia hiburan tanah air tidak selamanya menjanjikan ketenaran. Banyaknya artis-artis pendatang baru yang lebih fresh bahkan kadang membuat para pendahulu sudah mulai jarang tampil di televisi.

Hal itu membuat sebagian artis Tanah Air memilih untuk beralih profesi menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ). Di antaranya ada Ellen Cherrybelle, Risa Saraswati dan lainnya.

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022, Selalu Jadi Buruan Calon Mahasiswa

Pegawai negeri sipil adalah orang yang telah memenuhi syarat tertentu, diangkat dan dipekerjakan oleh lembaga pemerintah untuk memberikan pelayanan publik. Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Penasaran siapa saja artis yang beralih profesi menjadi PNS? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ellen Cherrybelle

Ellen Cherrybelle merupakan artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS yang pertama. Ellen adalah mantan anggota girl band Cherrybelle.

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, Hampir 50 Persen Kampus Top dari Swasta

Dia memutuskan keluar dari girl band tersebut pada tahun 2016. Saat ini Ellen sibuk menjadi dosen di kampus Politeknik Negeri Malang.

2. Risa Saraswati

Risa Saraswati juga artis yang beralih profesi jadi PNS. Risa dikenal sebagai penyanyi, penulis, vlogger sekaligus mantan presenter acara televisi.

Kini Risa memilih menjadi PNS di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Meski begitu, Risa masih suka membuat konten di YouTube.

3. Sylvia Sherly Chaterina

Sylvia Sherly Chaterina alias Sherly Malinton adalah artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS. Sylvia dikenal sebagai penyanyi, pelukis, penulis puisi, model, jurnalis dan penyiar radio.

Dia pernah membintangi film Gita Cinta dari SMA (1979) dan CHiPS bersama Warkop DKI (1982). Tetapi dia kemudian lebih memilih menjadi Diplomat di Konsulat Jenderal RI di Chicago dan menjabat sebagai Konsul Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.

4. Fryda Lucyana

Berikutnya, artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS ada Fryda Lucyana. Fryda dikenal sebagai penyanyi pada tahun 1990-an. Kini, Fryda memilih melanjutkan karirnya sebagai pengabdi negara di Kementerian Sekretariat Negara.

5. Luh Paramita Ardianti

Artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS lainnya, Luh Paramita Ardianti. Penyanyi jebolan AFI ini tidak melanjutkan karirnya sebagai penyanyi. Dia menyibukkan diri sebagai PNS di bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar.

6. Abrar Shaden

Selanjutnya, artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS ada Abrar Shaden. Drummer band Shaden ini memilih menjadi abdi negara. Kini, dia bekerja sebagai PNS di Dinas Pelayanan Pajak Pemprov DKI Jakarta.

7. Edwin Manansang

Artis Indonesia yang beralih profesi jadi PNS yang terakhir yaitu Edwin Rizal Manansang. Pria ini merupakan anggota boyband Trio Libels bersama bersama Ronnie Sianturi dan Yanni Djunaedi pada era 90-an.

Saat ini Edwin bekerja sebagai Asisten Deputi Ekonomi Digital di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2092 seconds (10.55#12.26)