Hore, Beasiswa Stipendium Hungaricum ke Hungaria Ditambah Kuotanya

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:29 WIB
loading...
Hore, Beasiswa Stipendium Hungaricum ke Hungaria Ditambah Kuotanya
Beasiswa Stipendium Hungaricum menambah kuotanya untuk mahasiswa Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebagai bentuk kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Hungaria, beasiswa Stipendium Hungaricum akan mendapatkan penambahan kuota menjadi sebanyak 110 bagi mahasiswa Indonesia di 2023. Ini adalah beasiswa penuh dari pemerintah Hungaria yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa di dunia termasuk Indonesia untuk berkuliah di sana.

Sebelumnya, di 2022 beasiswa ini diberikan kepada 100 mahasiswa Indonesia. Penambahan kuota ini merupakan wujud komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pendidikan tinggi.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN dan PTS Masih Dibuka Sampai Oktober 2022

Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Sofwan Effendi mengapresiasi pemerintah Hungaria, khususnya Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan (Kemenludag) yang telah menyediakan sebanyak 100 beasiswa bagi WNI untuk studi di Hungaria.

"Dengan semakin tingginya minat WNI untuk studi ke Hungaria yang tercermin dari semakin meningkatnya jumlah pelamar Stipendium Hungaricum setiap tahun, maka diusulkan untuk menambah kuota beasiswa," kata Sofwan, melalui siaran pers, Kamis (10/6/2022).

Head of Stipendium Hungaricum Kemenludag Hungaria Itsvan Perosa menyatakan persetujuan untuk menambah kuota 10 bagi Indonesia, sehingga totalnya menjadi 110 beasiswa. "Mengingat bahwa MoU tentang beasiswa Stipendium Hungaricum dengan Kemendikbudristek akan berakhir di Desember 2022 ini, maka penambahan kuota tersebut akan diusulkan dalam draft MoU baru,” ujar Itsvan.

Baca juga: 60 Mahasiswa UGM Raih Beasiswa Freeport Indonesia

Sofwan pun turut menemui 70 orang penerima beasiswa Stipendium Hungaricum angkatan 2022. Dalam kesempatan itu, Sofwan juga mengatakan Ditjen Diktiristek akan menambah biaya hidup untuk penerima beasiswa Stipendium Hungaricum tahun 2022. Biaya tersebut untuk menutupi kekurangan biaya hidup selama maksimal 6 bulan yang disesuaikan dengan standar biaya hidup di Hungaria.

“Kemendikbudristek telah menindaklanjuti surat dari KBRI kepada Mendikbudristek terkait permohonan top-up biaya hidup bagi penerima beasiswa Stipendium Hungaricum,” ujar Sofwan.

Dalam lawatannya tersebut, delegasi Indonesia juga melakukan penjajakan tentang peluang kerja sama lain dengan pemerintah Hungaria dalam pengembangan sumber daya manusia. Beberapa bentuk kerja sama yang ditawarkan seperti joint/dual degree, post doctoral, dan mobility program lainnya dalam skema co atau joint funding.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1656 seconds (11.252#12.26)