SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang Raih Juara Umum K3TAB

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:42 WIB
loading...
SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang Raih Juara Umum K3TAB
SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang meraih juara umum K3TAB 2022. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil membawa pulang gelar Juara Umum Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat (K3TAB) 2022. Mereka berhasil setelah bersaing dengan 14 institusi pendidikan lainnya.

Kompetisi yang digelar selama seminggu penuh sejak 3 Oktober diikuti oleh delapan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan enam Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

President Director Trakindo Bari Hamami mengatakan, penyelenggaraan K3TAB adalah usaha Trakindo berkolaborasi dengan institusi-institusi pendidikan untuk berpartisipasi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktik teknik alat berat, serta pendidikan karakter, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa yang adaptif.

“Program K3TAB yang kami lakukan sejak tahun 1996 adalah salah satu bentuk aplikasi nilai inti Trakindo, perkembangan berkelanjutan. Ini adalah gambaran keseriusan kami berkontribusi tanpa pamrih dalam memajukan pendidikan vokasi alat berat tanah air. Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dapat terus memiliki semangat untuk bersama melanjutkan sinergi yang sudah berjalan baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa,” katanya, melalui siaran pers, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Bagaimana Aturan Terbaru Seragam Sekolah? Simak di Sini

K3TAB 2022 yang mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN. Harapannya, Trakindo bisa berkontribusi bagi dunia pendidikan untuk melahirkan generasi yang tangguh dan unggul menghadapi tantangan masa depan.

Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Sariyadi mengungkapkan apresiasinya untuk penyelenggaraan K3TAB yang berlangsung secara konsisten dari tahun ke tahun sebagai upaya untuk selalu melahirkan sumber daya manusia berkualitas melalui pendidikan vokasi.

“Kami dari Kemendikbudristek berterima kasih kepada Trakindo yang telah memberikan dukungan kepada pendidikan vokasi, dan juga atas jerih payah kerja keras seluruh tenaga pengajar, kepala sekolah, direktur politeknik dan juga peserta sekalian. Dengan kemitraan bersama dunia usaha dan dunia industri melalui Link & Match, saya yakin vokasi makin kuat, para siswa memiliki bekal kompetensi memadai, untuk masa depan yang lebih baik dan Indonesia yang lebih kuat,” ucap Sariyadi.

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan bagian dari program Kerja Sama Pendidikan (CO-OP) Trakindo. Sejak pertama diselenggarakan pada 2008, K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan yang berpartisipasi untuk meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik para peserta didik, sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan peningkatan kualitas lulusan jurusan Teknik Alat Berat dari setiap institusi pendidikan.

Pada penyelenggaraan tahun ini, K3TAB kembali berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kolaborasi ini adalah implementasi dari Nota Kesepahaman antara Trakindo dan Kemendikbudristek RI mengenai kesinergisan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola di bidang pendidikan yang ditandatangani sejak Januari 2021.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2165 seconds (10.55#12.26)