Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

Kamis, 13 Oktober 2022 - 13:53 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 6 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi
Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Setiap jurusan kuliah memiliki prospek karier dengan gaji beragam. Bila kamu pelajar yang tengah mempertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah, ada sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya menerima gaji tinggi.

Ada beberapa jurusan kuliah yang berpotensi mendapatkan gaji tinggi bahkan di awal karier. Di antaranya yakni lulusan di bidang kedokteran , teknik atau teknik spesialis, arsitektur, dan banyak lainnya.



Berikut sejumlah peluang kerja dengan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi:

1. Kedokteran

Kuliah di bidang kedokteran memang dituntut dalam banyak hal, mulai dari biaya pendidikan yang tidak murah, persyaratan professional, bahkan waktu yang diperlukan untuk pelatihan akan dibayar mahal sepanjang masa karier mereka.

Tak heran jika seorang dokter spesialis akan mendapatkan gaji hingga Rp100 juta per bulan dan gaji tersebut belum termasuk penghasilan apabila sang dokter membuka praktek sendiri.



Namun, untuk bisa menjadi seorang dokter spesialis, diperlukan waktu yang lama dan biaya kuliah yang tinggi untuk mendapat gelar spesialis. Meskipun begitu, semua yang sudah dikeluarkan untuk mendapat gelar tersebut akan sepadan dengan gaji yang diterimanya nanti.

Fakta menariknya, penelitian juga mengungkapkan bahwa jurusan yang berkaitan dengan kesehatan akan terus tumbuh hingga tahun 2030 ke atas.

2. Arsitektur

Melihat banyaknya pembangunan yang ada di banyak tempat, dunia arsitektur tidak akan pernah punah. Hal itulah yang menjadikan jurusan arsitektur masih menjadi salah satu pilihan terbaik dalam kategori jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi.

Untuk arsitek entry level, biasanya akan mendapatkan gaji sekitar Rp7 juta setiap bulannya. Namun untuk arsitek yang sudah berada di tingkat manajer akan mendapatkan gaji mencapai Rp15 juta hingga Rp50 juta perbulannya.

Jurusan arsitektur ini juga mengharuskan mahasiswanya untuk mengambil program profesi selama satu tahun. Hal ini dikarenakan seorang arsitek harus bisa mendesain gedung ataupun bangunan yang tidak hanya menarik namun juga aman.

3. Sains Data

Sains data adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang analisis data. Biasanya data kuantitatif numerik baik yang terstruktur maupun tidak. Ilmu bidang ini adalah ilmu yang tergabung dalam bidang statistik, ilmu komputer dan bisnis.

Secara umum, jurusan sains data ini merupakan studi yang mempelajari tata cara dalam pengelolaan serta menginterpretasi data yang tujuannya untuk menemukan pola-pola tersembunyi yang ada pada data.

Karenanya, peran penting yang dipegangnya, tak heran juga gaji yang di dapat oleh lulusan sains di sekitar Rp15 juta hingga Rp40 juta.

4. Teknik Penerbangan

Sampai saat ini, jurusan teknik penerbangan masih menjadi primadona untuk sebagian orang dalam menentukan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi. Tentu profesi ini terbilang sama pentingnya seperti seorang pilot yang ada di dunia penerbangan.

Bisa dibayangkan apabila tidak ada teknisi pesawat, tentu segala macam penerbangan tidak akan berjalan dengan baik dan tidak ada orang yang berani menggunakan moda transportasi ini.

Hal itulah yang menjadikan profesi ini menjadi salah satu bidang yang bisa mendapatkan gaji sekitar Rp20 juta hingga Rp25 juta setiap bulannya. Disaat mengambil jurusan ini, mahasiswa akan belajar mengenai cara merancang dan mengoperasikan pesawat terbang, satelit hingga roket.

5. Teknik Perminyakan

Dalam teknik perminyakan tentu memiliki kaitan dengan adanya evaluasi, eksplorasi, penggalian, pemulihan dan juga produksi minyak maupun gas alam untuk keuntungan yang di dapat.

Biasanya Insinyur perminyakan akan mencari, memelihara teknik dan alat terbaik untuk memberlakukan proses untuk pengoprasian pengeboran yang efisien di lokasi yang telah ditentukan.

Hal inilah yang menjadi dasar mengenai jurusan kuliah ini masuk ke dalam daftar jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan berpeluang besar untuk mendapatkan gaji yang sesuai.

Rata-rata gaji yang akan diperoleh oleh seseorang yang bekerja di sektor perminyakan akan mendapat gaji hingga Rp20 juta per bulan. Dan tingkat pertumbuhan profesi yang ada di sektor ini akan terus meningkat hingga tahun 2030 ke atas.

6. Teknik Informatika

Jurusan dalam bidang komputer dan manajemen tentu menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk mahasiswanya. Hal ini dikarenakan adanya persyaratan minimum dalam pekerjaan tersebut.

Itulah kenapa profesi yang ada di bidang ini bisa mendapatkan gaji dari mulai dari Rp10 juta hingga Rp20 juta setiap bulannya di Indonesia.

Seorang ahli komputer, manajer sistem komputer ataupun manajer proyek TI ini akan ditugaskan untuk menentukan dan memenuhi tujuan dari teknologi informasi secara keseluruhan dari sebuah perusahaan.

Oleh sebab itu, posisi tersebut sangat membutuhkan kandidat yang ahli dalam keterampilannya di bidang teknik informatika atau komputer.

Untuk itu pencapaian pendidikan, pelatihan yang diselesaikan hingga sertifikasi yang didapat nanti akan menjadi kunci dalam mendapatkan posisi tersebut.

Itulah ke enam jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi dan peluang kerja yang besar. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda dalam menempuh studi di perguruan tinggi nanti.

MG/Khansa Novriandra
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)