Tim Robotic IPB University Siap Berlaga di Ajang Singapore AUV Challenge 2022

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:31 WIB
loading...
Tim Robotic IPB University Siap Berlaga di Ajang Singapore AUV Challenge 2022
Mahasiswa IPB University menciptakan N3-AUV adalah prototipe robot buatan mahasiswa IPB yang mampu melakukan eksplorasi bawah laut yang diprogram tanpa remot. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - Sebanyak 10 mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB yang tergabung dalam Marine Instrumentation Telemetry and Robotics (MIT+R) Club siap berlaga pada ajang Singapore AUV Challenge (SAUVC) 2022.

Tim IPB University bersama 40 tim yang berhasil lolos seleksi pada 23-26 September 2022 di kolam renang Singapore Polytechnic. Acara pelepasan mahasiswa berlangsung di Ruang Pertemuan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, (21/9).



Kegiatan pelepasan dihadiri oleh Prof Fredinan Yulianda, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan; Dr I Wayan Nurjaya, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan; Dr Syamsul Bahri Agus, Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan; Prof Indra Jaya, pembimbing MIT+R; dan Nadya Cakasana, SKel, MSc., Komisi Kemahasiswaan Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan.

Ajang SAUVC 2O22 merupakan ajang unjuk bakat peserta dalam merancang Autonomous Underwater Vehicle (AUV). AUV dirancang untuk dapat menyelesaikan serangkaian tugas yang dikehendaki meliputi simulasi tugas-tugas operasional.

Tugas tersebut melibatkan empat tantangan bawah air yang umum meliputi navigasi AUV, identifikasi visual, lokalisasi akustik, dan manipulasi robot. Kecepatan dan akurasi AUV dalam menyelesaikan tugas akan digunakan untuk menentukan pemenang kompetisi.



Pada kompetisi tahun ini, tim ITK IPB University terbagi menjadi dua kelompok yang akan mengirimkan dua alat, yaitu Nusantara AUV generasi keempat (N4-AUV) dan generasi kelima (N5-AUV).

Prof Fredinan Yulianda dalam sambutannya mengatakan, menjadi suatu kebanggaan bagi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB University dapat berkontribusi dalam SAUVC 2022.

“Selamat dan semangat kepada seluruh tim yang lolos dalam kompetisi ini. Kesempatan ini, semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya belajar dan menambah relasi. Semoga memperoleh hasil yang terbaik,” ungkap Prof Fredinan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3281 seconds (0.1#10.140)