Unair Jadi Kampus Terbaik Kedua di Indonesia Versi THE WUR 2023

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:56 WIB
loading...
Unair Jadi Kampus Terbaik Kedua di Indonesia Versi THE WUR 2023
Unair jadi kampus terbaik kedua di Indonesia berdasarkan pemeringkatan THE WUR 2023. Foto/Dok Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga ( Unair ) berhasil menunjukkan capaian membanggakan di Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023. Yakni menjadi kampus terbaik kedua di Indonesia semakin menunjukkan eksistensi Unair sebagai salah satu kampus unggul di Indonesia.

Pada pemeringkatan THE WUR 2023, PTN yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur ini berhasil meraih peringkat 1.201-1.500 di tingkat dunia. Di Indonesia, Unair berada di posisi kedua dan Universitas Indonesia (UI) di posisi pertama di Indonesia pada pemeringkatan THE WUR 2023.

Baca juga: Tiga PTS Ini Jadi Yang Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

THE WUR 2023 mencakup pemeringkatan 1.799 universitas di 104 negara dan wilayah, menjadikannya pemeringkatan perguruan tinggi terbesar dan paling beragam hingga saat ini. Di Indonesia ada 18 perguruan tinggi yang mengikuti pemeringkatan bergengsi tersebut.

Terdapat lima bidang yang dinilai melalui 13 indikator yang digunakan untuk memberikan peringkat perguruan tinggi dunia itu. Yaitu pengajaran (teaching), penelitian (research), transfer pengetahuan (transfer knowledge), serta proporsi siswa internasional (international outlook).

Skor sebesar 18,4-24,3, secara otomatis juga melambungkan posisi perguruan tinggi negeri (PTN) yang telah berstatus PTN Badan Hukum (PTN-BH) ini sebagai perguruan tinggi terbaik dengan peringkat ke-401-500 pada level Asia.

Baca juga: Malaysia Jadi Negara Tujuan Terakhir Mahasiswa IISMA 2022

Rektor Unair Prof Dr Moh Nasih menyebutkan posisi yang membanggakan tersebut tak lepas dari keikutsertaan dan dukungan dari berbagai pihak. “Ini semua berkat kolaborasi yang dilakukan oleh semua pihak dan elemen civitas Unair serta mitra, termasuk awak media. Ke depan semoga pencapaian ini bisa lebih baik lagi,” sebutnya, dikutip dari laman Unair, Sabtu (15/10/2022).

Prestasi Unair yang disorot meliputi program Sustainable Education for All, Meaningful Research and Community Services, dan juga kontribusi penting Unair dalam mewujudkan vaksin Merah Putih sebagai aksi memerangi pandemi Covid-19. Selain itu juga terdapat banyak prestasi dan inovasi menakjubkan Unair di tingkat nasional dan global yang membuktikan kelayakannya pada reputasi prestisius itu.

Melalui prestasi ini, Unair telah membuktikan pembenahan dan pengembangan yang terus dilakukan dari tahun ke tahun. Memiliki sejarah panjang sebagai penyedia pendidikan sejak 1954, Unair terbukti selalu mengutamakan kualitas layanan pembelajaran, fasilitas, serta lulusannya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)