Mahasiswa Undip Raih Juara 1 Pilmapres Nasional, Ini Profilnya

Selasa, 18 Oktober 2022 - 08:58 WIB
loading...
Mahasiswa Undip Raih Juara 1 Pilmapres Nasional, Ini Profilnya
Mahaiswa Undip Ilham Muhammad. Foto/Tangkap layar laman Undip.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip ) Ilham Muhammad berhasil meraih juara pertama pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2022 kategori Sarjana. Ia berhasil mengalahkan 14 finalis mahasiswa lainnya dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya, para finalis tersebut telah melewati tahapan seleksi berjenjang mulai dari tahap seleksi di Perguruan Tinggi masing-masing, kemudian penilaian seleksi wilayah dan penilaian seleksi nasional awal.

Mahasiswa asal Jember, Jawa Timur ini pada Pilmapres 2022 mengusung penelitian ilmiah yang berjudul “Coastal Hero: Inovasi Tanggul Dinamis dan Rob Early Warning System untuk Mendukung Terciptanya Kawasan Tangguh Bencana Banjir Rob dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”.

Baca juga: Kemendikbudristek Berikan Izin Arkademi sebagai Lembaga Kursus dan Pelatihan

“Inovasi itu dibuat untuk mitigasi kebencanaan wilayah pesisir di Kelurahan Tanjung Mas, Semarang. Daerah tersebut sering kali terkena banjir rob. Jadi saya membuat desain tanggul yang memang layak diterapkan di Kelurahan Tanjung Mas dan membuat Early Warning System untuk masyarakat Kelurahan Tanjung Mas.” jelasnya, dikutip dari laman Undip, Selasa (18/10/2022).

Pria yang akrab disapa Ilham itu tertarik mengkaji mengenai mitigasi banjir rob karena ada keterkaitan antara teknik geologi dengan mitigasi bencana alam. Dengan sinergi dari pihak lain, ia mencoba mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk membantu menyelesaikan permasalahan utama yakni banjir rob yang dialami masyarakat di Kelurahan Tanjung Mas.

“Saya bekerja sama dengan mahasiswa Teknik Elektro dan mahasiswa Arsitektur untuk membantu menyusun kajian ilmiah ini.” tuturnya

Baca juga: Kenalkan Bisnis ke Mahasiswa, IPCC Terminal Kendaraan Gandeng Universitas Binus Bekasi

Selain itu, mahasiswa semester 7 ini juga aktif dalam berbagai kegiatan organisasi di dalam dan di luar kampus. “Saya ikut organisasi Himpunan, juga aktif di Society of Renewable Energy Undip sebagai mentor Hydro Energy. Untuk di luar kampus, saya bangun yayasan Socio Edupreneur Indonesia. Yayasan tersebut sudah ada 27 pengurus yang tersebar di 11 provinsi dengan 333 relawan di seluruh Indonesia.” jelas Ilham.

Menurutnya organisasi dan pendidikan adalah suatu hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan, karena di dalam berorganisasi itu adalah bentuk aktualisasi dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dalam kegiatan Pilmapres 2022 ini saya mendapatkan dua makna, yaitu makna perjuangan dan makna rasa syukur. Berjuang untuk bisa melewati segala rintangan yang ada dan juga rasa syukur karena apabila sudah berada di puncak tidak ada perjuangan yang sia sia. Tidak ada kata puncak kecuali bagi mereka yang ingin mendaki.” pesan Ilham kepada mahasiswa.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2183 seconds (10.55#12.26)