Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia, Peluangnya Terbuka Lebar di Dunia Industri

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 09:28 WIB
loading...
Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia, Peluangnya Terbuka Lebar di Dunia Industri
Kepala Departemen Teknik Kimia ITS, Dr Eng Widiyastuti ST MT memberikan cendera mata kepada Yoke Candra Katon ST MM. Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) menggelar kuliah tamu sebagai bentuk implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Mengusung topik Peran Teknik Kimia dalam Industri, dijelaskan mengenai luasnya peluang lulusan teknik kimia dalam berkarier.

Pembicara pada acara ini, Yoke Candra Katon ST MM, menjelaskan bahwa prospek kerja lulusan teknik kimia sendiri sangat luas. Sebagai alumnus Departemen Teknik Kimia ITS angkatan 1993, ia mengakui bahwa pada dirinya terbentuk pola pikir yang terstruktur dan terarah.



“Sehingga kita juga terbiasa mempelajari banyak hal, tidak hanya terikat pada dunia industri saja,” jelas komisaris PT Semen Gresik (Persero) seperti dilansir dari laman resmi ITS, Jumat (21/10/2022).

Pola pikir dan wawasan yang dimiliki oleh lulusan teknik kimia sendiri juga diperlukan sebagai pemangku kebijakan seperti kementerian. Maka tak ayal banyak juga lulusan yang juga berprofesi sebagai politisi. Ia menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan juga untuk berkiprah sebagai pegawai negeri, militer, business marketing, dosen, peneliti, bahkan pengusaha.

Yoke, sapaan akrabnya, juga tidak menampik bahwa peluang lulusan teknik kimia untuk bekerja di bidang industri masih yang terbesar. Pasalnya, lulusan teknik kimia sudah diajarkan segala hal terkait proses, alat, bahkan ekonomi.



“Namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk dapat bekerja di bidang lain juga,” tambah laki-laki kelahiran 1975 ini.

Energi terbarukan saat ini tengah menjadi salah satu topik hangat bagi mahasiswa teknik kimia. Para lulusan teknik kimia tentu sangat diperlukan untuk mengembangkan bidang energi terbarukan di Indonesia.

“Dengan dibekali logika berpikir yang baik, tentu menjadi peluang tersendiri bagi para lulusan untuk berkiprah ke sana,” jelas mantan komisaris PT Petrokimia Gresik ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)