Deretan Menteri di Kabinet Jokowi Ini Pernah Jadi Santri

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 15:30 WIB
loading...
Deretan Menteri di Kabinet Jokowi Ini Pernah Jadi Santri
Deretan menteri di era Kabinet Presiden Jokowi yang pernah menjadi santri. Foto/Dok/MPI.
A A A
JAKARTA - Dalam menyambut Hari Santri , berikut ini sejumlah menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo yang pernah menjadi santri . Mulai dari Menko Polhukam Mahfud MD hingga mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Hari Santri Nasional akan jatuh pada 22 Oktober 2022. Penetapan Hari Santri ini dideklarasikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 22 Oktober 2015.

Peringatan Hari Santri dimaksudkan untuk meneladani dan mengingat semangat perjuangan santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Bedah Buku, Al Busyra Basnur: Mahasiswa Indonesia Ingin Lebih Tahu Afrika

Peran santri memang luas. Tidak hanya sebagai penceramah atau ustaz namun santri mampu menunjukkan perannya dalam berbagai bidang.

Di jajaran kabinet Presiden Jokowi, ternyata banyak juga santri yang menjadi menteri. Berikut ini jajaran menteri di kabinet Jokowi yang pernah menjadi santri yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Mahfud MD

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju yang dilantik pada 2019 ini sebelumnya pernah beberapa kali menjadi menteri.

Ia juga menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi pada 2008-2013. Mahfud MD adalah alumni Pondok Pesantren Al Mardhiyyah yang terletak di Waru, Pamekasan, Madura.

2. Imam Nahrawi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3416 seconds (0.1#10.140)