Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:08 WIB
loading...
Ini Perbedaan Institut, Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi
Sebagian orang mungkin belum mengetahui perbedaan antara Institut, Universitas, Sekolah Tinggi, dan Akademi. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mungkin belum mengetahui perbedaan antara Institut, Universitas , Sekolah Tinggi, dan Akademi. Untuk diketahui, keempat istilah tersebut merupakan beberapa model pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Bagi lulusan SMA atau sederajat yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, setidaknya perlu tahu berbagai jenis atau model perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Baca juga : Pendidikan Tinggi dan Ketimpangan Pembangunan

Mengutip buku berjudul "Lulus SMA Kuliah Dimana? Panduan Memilih Program Studi" ditulis oleh Agung Bawantara berikut perbedaan antara Institut, Universitas, Sekolah Tinggi, dan Akademi.

1. Institut

Sama halnya dengan Perguruan Tinggi lainnya, Institut juga menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis akademik dan vokasi. Bedanya, pendidikan di Institut hanya tersedia ilmu-ilmu yang sejenis.

Sebagai contoh, institut pertanian memiliki program studi pertanian hingga kehutanan, sedangkan institut teknologi memiliki prodi seperti teknik sipil, teknik nuklir, teknik mesin, dan lainnya.

Perguruan tinggi model Institut di Indonesia di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan lain sebagainya.

2. Universitas

Universitas merupakan sebuah model perguruan tinggi yang menyediakan berbagai program pendidikan, baik akademik maupun vokasi dengan spesialisasi yang beragam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)