Songsong Abad 21, Program Doktor Teknologi Pendidikan UNJ Siapkan Generasi Up to Date

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 14:05 WIB
loading...
Songsong Abad 21, Program Doktor Teknologi Pendidikan UNJ Siapkan Generasi Up to Date
Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan UNJ menyiapkan generasi Up to Date untuk menyongsong pendidikan abad 21. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Studi Doktor Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta ( UNJ ) menyiapkan generasi Up to Date untuk menyongsong pendidikan abad 21. Hal ini menjadi topik pembahasan pada seminar nasional yang digelar Program Doktor Teknologi Pendidikan UNJ secara daring.

Seminar daring secara hybrid ini mengusung tema "Trend Riset Bidang Teknologi Pendidikan di Abad 21" dibuka oleh Direktur Pascasarjana UNJ diwaliki oleh Wakil Direktur 2 Prof Dr M Japar.

Baca juga: Di Hadapan 1.569 Wisudawan Pascasarjana, Ini Pesan Rektor UGM

Dalam sambutannya, M Japar mengatakan, Pascasarjana UNJ terus berupaya memfasilitasi mahasiswa dan masyarakat dalam perkembangan terbaru di bidang pendidikan. Termasuk pada penelitian yang berperan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Koordinator Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Dr Moch Soekardjo menyatakan, kegiatan ini merupakan upaya yang dilakukan prodi untuk meningkatkan pemahaman terkait kawasan dan trend penelitian bidang teknologi pendidikan.

"Pada era 5.0 kita harus Up to Date dengan perkembangan serta terus membenahi diri dengan keterampilan abad 21 juga," kata Moch Soekardjo dalam keterangan pers, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Tips Dapat Nilai Sempurna dari Wisudawan ITB Peraih IPK Tertinggi

Sementara Guru Besar bidang Teknologi Pendidikan UNY Prof C Asri Budiningsih dalam paparannya mengemukakan, proses belajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, dan mengenai apa saja. Karena itu, dibutuhkan solusi tepat guna untuk mengatasi segala permasalahan tersebut.

"Teknologi pendidikan berbeda dengan teknologi dalam pendidikan. Teknologi pendidikan hadir sebagai disiplin ilmu dengan beberapa lingkup kawasan yang menekankan pada adanya proses dalam memberikan nilai tambah," paparnya.

Sedangkan teknologi dalam pendidikan berarti menuntut adanya sarana berupa teknologi dalam pendidikan. Beliau juga memaparkan bahwa gaya belajar pada pendidikan abad 21 ini menuntut peserta didik untuk cepat mengambil keputusan yang didukung oleh kecepatan berselancar di dunia maya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2291 seconds (10.55#12.26)