Kuliah Kerja Fest! Ajak Gen-Z Berbagi Ide dan Pemikiran untuk Masa Depan Bangsa

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:52 WIB
loading...
Kuliah Kerja Fest! Ajak Gen-Z Berbagi Ide dan Pemikiran untuk Masa Depan Bangsa
Kuliah Kerja Fest! 2022 yang dihelat Tanoto Foundation mengajak Gen Z berbagi ide dan pemikiran untuk masa depan bangsa. Foto/Tanoto Foundation.
A A A
JAKARTA - Program TELADAN Tanoto Foundation bersama dengan Kementerian PPN/Bappenas dan Kemendikbudristek menggelar Kuliah-Kerja Fest! 2022. Acara ini untuk memfasilitasi dan melibatkan Gen Z dalam perancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) khususnya di bidang Pendidikan Tinggi .

Data Badan Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk 2020 menunjukkan, Gen Z yang lahir pada 1997 – 2012 adalah kelompok terbesar dalam struktur populasi Indonesia. Jumlahnya mencapai 75,49 juta orang atau 27,94%. Melibatkan Gen Z dan generasi Indonesia selanjutnya dalam penyusunan rencana pembangunan nasional untuk masa depan sudah sepatutnya dilakukan, karena merekalah yang akan berperan di masa tersebut nantinya.

Baca juga: Mahasiswa ITB Gagas Sumber Energi Listrik dari Angin untuk Lampu Jalan

Oleh karena itu Tanoto Foundation melalui salah satu programnya yaitu TELADAN (Transformasi Edukasi untuk Melahirkan Pemimpin Masa Depan), bersama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi-Kementerian PNN/Bappenas serta Tim Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menggelar Kuliah-Kerja Fest! 2022.

“Dalam momentum rangkaian kegiatan background study RPJPN bidang Pendidikan Tinggi 2025-2045, dan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, kami bersyukur dapat bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan IPTEK Bappenas untuk membawa suara anak muda dan mitra-mitra industri yang juga termasuk dalam ekosistem pendidikan tinggi Indonesia," ujar Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation Aryanti Savitri, dalam keterangannya, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: 5 PTN Terbaik di Sumatera Versi Webometric, Terakhir Masuk 10 Besar Terbaik di Indonesia

Dia menjelaskan, dengan tema Mimpi Pendidikan Tinggi Indonesia 2025-2045, Kuliah-Kerja Fest! 2022 mengundang perwakilan pelajar dan mahasiswa yang merupakan Gen Z dan Gen Alpha, pimpinan dunia usaha dunia industri (DUDI), serta perwakilan perguruan tinggi untuk berdiskusi bersama dan memberikan sumbangan pemikiran serta mimpi-mimpi untuk Pendidikan Tinggi Indonesia di Masa Depan.

Rangkaian Kuliah-Kerja Fest! 2022 dimulai dengan survei online yang melibatkan sekitar 2000 pelajar dan mahasiswa Gen Z dan Gen Alpha, dilanjutkan dengan kompetisi menulis, dan kompetisi video pendek. Survei dan kompetisi ini diadakan untuk memberikan kesempatan pelajar dan mahasiswa berbagi pemikiran dan ide-ide untuk pendidikan tinggi di masa depan.

Lalu puncak acara Kuliah-Kerja Fest! 2022 adalah diskusi yang dilakukan secara hybrid di Kementerian PPN / Bappenas pada Kamis, (27/10/2022) yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama terbatas digelar untuk menilik dari sisi harapan jangka panjang generasi muda (Gen Z dan Gen Alpha) tentang pendidikan tinggi dalam aspek akses, relevansi, daya saing, dan tata kelola perguruan tinggi.

Di sesi berikutnya perwakilan dunia usaha dunia industri yang hadir untuk menanggapi hasil diskusi perwakilan pelajar dan mahasiswa, serta saling berbagi pemikiran dan memberikan rekomendasi tentang masa depan pendidikan tinggi Indonesia dari perspektif dunia usaha dunia industri.

Hasil diskusi Kuliah-Kerja Fest! 2022 akan diserahkan oleh masing-masing perwakilan pelajar dan mahasiswa serta mitra dunia usaha dunia industri kepada tim Bappenas sebagai masukan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2409 seconds (0.1#10.140)