Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia

Senin, 31 Oktober 2022 - 14:19 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia
10 jurusan kuliah dengan biaya termurah di Indonesia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 10 jurusan kuliah dengan biaya termurah bisa menjadi pilihan untuk lulusan SMA dan sederajat yang akan menempuh kuliah tahun depan. Pilihannya ada berbagai jurusan di sejumlah Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) di Tanah Air.

Dalam memilih jurusan kuliah memang didasari banyak pertimbangan. Mulai dari kampus impian, jurusan yang sesuai minat dan bakat, dan juga aspek finansial calon mahasiswa.

Pertimbangan biaya yang sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga memang patut diperhatikan. Sebab kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulai dari membeli buku hingga biaya praktikum di jurusan masing-masing.

Perguruan tinggi juga menetapkan besaran biaya kuliah atau yang biasa disebut dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Besarannya bisa berbeda-beda sesuai dengan jurusan dan kampus masing-masing.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah adalah besaran biaya kuliah. Tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat berbeda-beda di tiap kampus, serta disesuaikan pula kemampuan ekonomi mahasiswa.

Baca juga: 1.047 Wisudawan UNS Lulus Cumlaude, Lulusan Termuda S1 Berusia 20 Tahun

Memang ada program beasiswa yang biasanya disediakan kampus untuk calon mahasiswa tidak mampu. Namun tidak ada salahnya mengetahui jurusan apa saja yang biaya kuliahnya murah agar calon mahasiswa bisa memilih jurusan sesuai dengan kemampuannya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 10 jurusan kuliah termurah di Indonesia :

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Ilmu tentang mengelola perpustakaan, mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, hingga mengelola informasi agar buku/dokumen mudah ditemukan, akan dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)