6 Tips Jitu untuk Mahasiswa yang Ingin Lulus Kuliah 3,5 Tahun

Senin, 31 Oktober 2022 - 16:49 WIB
loading...
6 Tips Jitu untuk Mahasiswa yang Ingin Lulus Kuliah 3,5 Tahun
6 tips jitu yang bisa dicoba untuk mahasiswa yang ingin lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Enam tips untuk bisa lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun bisa dicoba untuk mahasiswa yang ingin menyelesaikan studi lebih cepat. Lulus tepat waktu memang sejatinya merupakan dambaan bagi setiap mahasiswa .

Sebenernya lulus menjadi mahasiswa sarjana itu maksimalnya dibutuhkan waktu hingga 4 tahun. Bagi calon mahasiswa baru yang akan kuliah tahun depan, tidak ada salahnya mempersiapkan diri untuk bisa lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun.

Memang butuh perjuangan dan kerja keras dan strategi. Namun dengan niat dan tekad yang kuat, lulus kuliah 3,5 tahun bisa dilakukan. Jika sukses, hal ini bukan saja menjadi kebanggaan untuk diri sendiri, namun juga orang tua.

Baca juga: Mahasiswa, Kenali Konsep Ikigai Agar Tak Jenuh dan Malas Kuliah

Dikutip dari Instagram @masukptn, berikut ini enam tips jitu untuk lulus kuliah 3,5 tahun yang bisa kamu coba.

1. Baca dan Pahami Buku Panduan Mahasiswa Baru

Buku panduan untuk mahasiswa baru biasanya diberikan saat masa orientasi atau pengenalan lingkungan kampus. Buku ini berisi daftar mata kuliah beserta beban SKS yang harus diselesaikan tiap semester.
Sebagai mahasiswa baru, pahami buku panduan tersebut agar dapat memetakan mata kuliah apa saja yang akan diambil di semester tertentu. Dengan mengetahui hal tersebut, perkuliahan bakal jadi lebih terarah.

2. Buat Target IPK Tiap Semester

Besaran IPK menjadi penentu jumlah SKS yang bisa diambil di tiap semester. Untuk itu, buatlah target IPK setiap semester agar dapat mengambil lebih banyak SKS.

Semakin besar IPK, semakin banyak pula SKS yang dapat diselesaikan. Semakin cepat sebuah SKS selesai, semakin besar juga kesempatan kalian untuk lulus lebih awal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)