5 Jurusan Kuliah di Bidang IT, Prospek Kerja Menjanjikan dan Bergaji Tinggi

Selasa, 01 November 2022 - 20:36 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah di Bidang IT, Prospek Kerja Menjanjikan dan Bergaji Tinggi
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknologi Informasi ( IT ) adalah ilmu pendidikan yang mempelajari prinsip-prinsip ilmu komputer, analisis matematika, perancangan, pengujian, pengembangan, evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, kinerja komputer, dan lainnya.

Jurusan IT termasuk dalam salah satu jurusan favorit calon mahasiswa . Sebab, zaman sudah semakin modern dan perkembangan teknologi pun semakin pesat, sehingga mahasiswa lulusan jurusan IT memiliki peluang dan prospek kerja yang gemilang, dengan gaji yang tinggi.



Memiliki kepopuleran dan minat yang tinggi, jurusan IT dipecah menjadi beberapa cabang ilmu dan sudah tersebar di berbagai universitas di seluruh Indonesia. Berikut 5 jurusan kuliah di bidang IT, di antaranya:

1. Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer merupakan bidang studi yang mempelajari ilmu tentang komputasi, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan berbagai pemrograman komputer. Nantinya, mahasiswa Ilmu Komputer akan memiliki keterampilan menyusun algoritma dan pemrograman agar mampu mengembangkan sebuah aplikasi ataupun perangkat lunak.

2. Teknik Komputer

Jurusan Teknik Komputer merupakan bidang studi yang mempelajari Ilmu Rekayasa Komputasi, lalu dipadukan dengan Ilmu Komputer dan Ilmu Teknik Elektro. Nantinya, mahasiswa Teknik Komputer akan memiliki keterampilan desain dan rekayasa sistem perangkat keras digital, termasuk jaringan komputer, sistem embedded, mikrokomputer, serta perangkat lain yang berbasis pada komputer. Serta, mempelajari perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras dan lainnya.



3. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi merupakan bidang studi yang mempelajari Ilmu Komputer, lalu dipadukan dengan Manajemen dan Bisnis. Nantinya, mahasiswa Sistem Informasi akan memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data, merancang sistem yang diperlukan oleh perusahaan, dan berbagai pemrograman serta teknologi komputer untuk mendukung kebutuhan suatu bisnis atau perusahaan.

4. Teknologi Informasi

Jurusan Teknologi Informasi merupakan bidang studi yang mempelajari berbagai solusi mengenai teknologi komputer yang diterapkan di berbagai bidang, baik itu pemerintahan, pendidikan, kesehatan, serta pengembangan bisnis atau perusahaan.

Nantinya, mahasiswa Teknologi Informasi akan memiliki keterampilan dalam mengimplementasikan data pada sistem atau teknologinya, pengembangan perangkat lunak, pengembangan sistem informasi berbasis cloud, artificial intelligence, dan lainnya.

5. Manajemen Informatika

Jurusan Teknologi Informasi merupakan bidang studi yang mempelajari berbagai teori dan penggunaan teknologi informasi dalam mendukung bisnis perusahaan agar lebih mudah. Nantinya, mahasiswa Manajemen Informatika akan memiliki keterampilan dalam mengkaji serta membuat desain untuk suatu sistem yang nantinya akan digunakan untuk mendukung kebutuhan dan proses bisnis perusahaan.

MG/Afridha Khalila
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)