5 Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK 2 Koma

Rabu, 02 November 2022 - 11:33 WIB
loading...
5 Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK 2 Koma
Berikut lima tips jitu untuk lolos beasiswa ke luar negeri dengan IPK 2 koma. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Meraih beasiswa menjadi impian banyak orang agar bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi secara gratis. Namun banyak orang mundur karena memiliki Indeks Prestasi Kumulatif 2 koma atau pas-pasan.

Bagi kalian yang mempunyai nilai IPK pas-pasan jangan berkecil hati. Sebab orang dengan nilai IPK pas-pasan pun bisa dapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah di luar negeri.

Selain itu, memiliki IPK rendah atau kurang dari 3 itu bukan satu-satunya indikator kecerdasan seseorang. Bahkan sudah banyak orang yang memiliki IPK 2 koma namun berhasil meraih beasiswa bergengsi.

Baca juga: Ukrida Sediakan Beasiswa Kuliah untuk Anak Papua

Salah satu contohnya Wirdatul Khasanah, lulusan Universitas Jember yang pernah viral di media sosial karena menerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ke Inggris meski IPKnya 2 koma.

Salah satu beasiswa yang bisa dicoba dengan IPK di bawah 3 itu seperti beasiswa Australia Award Scholarship. Beasiswa ini hanya mensyaratkan IPK minimum 2,9! Beberapa beasiswa seperti Chinese Government Scholarship, Brunei Government Scholarship, dan Turkiye Burlsari bahkan tidak mensyaratkan minimum nilai IPK atau nilai rapor.

Maka dari itu, bagi kalian yang memiliki IPK 2 koma jangan minder. Berikut tips untuk mendapatkannya, dikutip dari laman Schoters.

1. Perbanyak riset beasiswa yang sesuai dengan kapasitas

Penyedia beasiswa ke luar negeri itu banyak macamnya. Maka dari itu, cari tahu beasiswa apa saja yang tersedia berikut syarat minimal IPK dan nilai rapor yang sesuai dengan kapasitas nilai. Dari riset ini maka kalian bisa beranjak untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan.

2. Maksimalkan pengalaman ataupun prestasi non akademik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2281 seconds (0.1#10.140)