UI Kembali Jadi Kampus Terbaik di Indonesia pada 3 Rumpun Ilmu Versi THE 2023

Kamis, 03 November 2022 - 16:44 WIB
loading...
UI Kembali Jadi Kampus Terbaik di Indonesia pada 3 Rumpun Ilmu Versi THE 2023
Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali mendapat pengakuan sebagai universitas terbaik di Indonesia pada bidang ilmu Engineering, Art and Humanities, dan Social Sciences. Hal ini berdasarkan penilaian yang dilakukan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE).

THE merilis THE World University Rankings ( WUR ) by Subject 2023 untuk 11 bidang ilmu yaitu, Art and Humanities, Business and Economics, Education, Law, Social Sciences, Computer Science, Engineering, Clinical and Health, Life Sciences, Physical Sciences, dan Psychology melalui laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/by-subject .



Hasil dari pemeringkatan tersebut menempatkan UI peringkat 1 di Indonesia dan 601–800 di dunia pada bidang Engineering dengan overall score 26.3–31.9. Di Asia Tenggara, UI berada di posisi 13 dari 60 institusi di Asia Tenggara yang berpartisipasi pada bidang ilmu Engineering.

UI merupakan satu-satunya universitas dari Indonesia yang berhasil memasuki 15 besar di Asia Tenggara yang mengalahkan Universiti Sains Malaysia (Malaysia), ITB, Universitas Chiang Mai (Thailand), UGM, dan Universiti Kuala Lumpur (Malaysia).

Jika ditinjau pada indikator penilaian, UI memperoleh skor tertinggi dari 4 indikator lainnya, yaitu 80.6 untuk Industry Income. Selain itu, skor UI pada indikator International Outlook dan Teaching menjadi yang paling unggul di Indonesia dibandingkan universitas lain.



Bidang ilmu Engineering terdapat lima disiplin ilmu/subjek, di antaranya general engineering, electrical & electronic engineering, mechanical & aerospace engineering, civil engineering, dan chemical engineering.

Pada bidang ilmu tersebut, tahun ini THE melakukan asesmen terhadap 1306 universitas, lebih banyak dari tahun lalu yang berjumlah 1188.

Pada bidang Art & Humanities, UI adalah satu-satunya universitas di Indonesia yang masuk di THE WUR 2023 by subject. UI menempati peringkat 401-500 di dunia dengan overall score 20.0–23.6, di mana UI unggul di Indonesia pada indikator Industry Income dengan skor 100.0.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)