8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Sabtu, 05 November 2022 - 15:13 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa dengan Peluang Kerja Menjanjikan
Berikut ini delapan jurusan kuliah untuk anak bahasa dengan peluang kerja yang menjanjikan. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Jurusan bahasa di SMA tergolong langka karena tidak semua sekolah menyediakannya. Namun bagi yang saat ini masuk jurusan bahasa berikut ini delapan jurusan kuliah dengan peluang kerja menjanjikan bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi .

Di jenjang SMA yang terdengar familiar memang jurusan IPA dan IPS. Hal ini karena peminat di jurusan bahasa memang lebih sedikit daripada kedua jurusan tersebut.

Memang tidak semua SMA menyediakan jurusan bahasa, padahal jurusan ini akan memberikan ilmu mendalam bagi siswa yang tertarik belajar berbagai bahasa. Tidak hanya bahasa Indonesia, namun siswa akan mempelajari berbagai bahasa asing yang bisa menunjang kariermu di masa depan.

Bagi kalian siswa jurusan bahasa yang ingin melanjutkan kuliah, berikut ini jurusan kuliah dengan peluang kerja yang menjanjikan sebagai bahan rekomendasimu, yang dikutip dari laman Ruangguru.

Baca juga: Pengusul Program Matching Fund Vokasi 2022 Naik 300 Persen

1. Ilmu Komunikasi

Komunikasi merupakan sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Mahasiswa yang masuk di jurusan Ilmu Komunikasi ini tidak hanya mempelajari cara penyampaian pesan yang baik dan benar namun juga belajar teknologi dari inovasi baru.

2. Hubungan Internasional

Bagi yang bercita-cita keliling dunia dan menjadi diplomat, jurusan ini tepat dipilih oleh anak bahasa. Dengan bahasa yang kalian kuasai, kalian bisa memilih bekerja sebagai perwakilan Indonesia di KBRI manapun.

3. Perhotelan dan pariwisata

Jurusan ini cocok bagi kalian yang suka traveling ke banyak tempat. Serunya mengunjungi tempat pariwisata di dunia dan bertemu banyak orang dengan budaya berbeda merupakan daya tarik tersendiri dari jurusan ini.

4. Sosiologi

Suka dengan penelitian sosial dan mau turun langsung ke masyarakat di berbagai daerah? Jurusan Sosiologi adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Kalian akan mempelajari berbagai fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat secara lebih ilmiah.

Baca juga: 11.000 Mahasiswa dari 17 Kampus Ikut Program Wirausaha Merdeka

5. Sastra dan Bahasa

Jurusan ini linier dengan apa yang telah kalian pelajari di bangku sekolah, Dengan menguasai bahasa asing, kamu pun akan memiliki nilai tambah saat lulus kelak. Salah satu spesialisasi dari jurusan ini adalah menjadi penerjemah dari berbagai bahasa, seperti Inggris, Jerman, Korea, Arab, dan bahasa asing lainnya.

Selain menjadi penerjemah, kamu pun bisa menjadi pengajar, penulis, sastrawan, budayawan, dan sebagainya.

6. Antropologi

Jurusan ini merupakan program studi yang mempelajari seluk-beluk dari unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupan manusia. Jurusan yang lulusannya semakin banyak dibutuhkan inipun bisa dipilih oleh anak bahasa.

7. Seni

Anak bahasa ngga bisa mengambil jurusan seni? Siapa bilang? Anak bahasa juga bisa kok mengambil jurusan di bidang seni. Kalian bisa mendalami seni tari, seni musik, seni rupa, dan berbagai seni lainnya di perguruan tinggi.

8. Jurnalistik

Jurusan ini dapat membawamu menjadi profesional di dunia broadcasting dan media massa. Kalian bisa mempelajari teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, serta mendistribusikannya melalui berbagai media. Selain itu, teknik fotografi yang kalian pelajari juga akan bisa memperkaya skillmu bekerja di stasiun tv, radio, dan media massa lainnya.

Demikian tadi delapan jurusan kuliah dengan peluang kerja menjanjikan untuk anak bahasa. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)