Wapres Harap Universitas Darunnajah Jadi Rujukan Islam Wasathiyah bagi Dunia

Senin, 07 November 2022 - 13:14 WIB
loading...
Wapres Harap Universitas Darunnajah Jadi Rujukan Islam Wasathiyah bagi Dunia
Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam acara grand launching Universitas Darunnajah secara daring di Jakarta, Senin, (7/11/2022). Foto/SINDOnews/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengharapkan Universitas Darunnajah menginspirasi Islam moderat. Melalui perguruan tinggi pesantren tersebut harus melahirkan generasi Muslim yang menyebarluaskan narasi Islam yang moderat, menggerakkan pembangunan dan kemajuan negara, dan menjadi pemersatu bangsa yang kaya dengan keragaman budaya.

“Mereka harus menjadi orang-orang yang memahami agama, yang berpaham moderat , sehingga Indonesia dapat menjadi rujukan Islam wasathiyah bagi dunia,” ujar Kiai Ma’ruf dalam acara grand launching Universitas Darunnajah secara daring di Jakarta, Senin, (7/11/2022).

Baca juga: Sederet Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Termurah, Nomor 1 PTN Ternama

Dia menjelaskan, menjadi moderat dapat ditempuh dengan memperdalam ilmu-ilmu keislaman. “Al-Ulum as-Syar'iyyah dalam rangka i'dadul mutafaqqihiina fid diin,” kata dia.

Selain itu, Kiai Ma’ruf juga mengharapkan empat hal lain dari universitas yang dikelola melalui wakaf tersebut. Pertama, dia mendambakan dukungan universitas tersebut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan keuangan syariah. Bidang ini merupakan cita-cita besar yang membutuhkan kontribusi pemikiran dari banyak ahli.

Pihaknya memiliki cita-cita, negara ini akan menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah. Banyak pihak akan datang ke sini nantinya untuk mengetahui bagaimana mengembangkan ekonomi syariah di tengah keragaman tradisi.

Baca juga: TGB Zainul Majdi: Muslim Rusia Ingin Belajar Kerukunan Indonesia

Kedua, pihaknya meminta Universitas Darunnajah menjalankan pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua.

Ketiga, universitas berfungsi untuk mengembangkan keahlian dan bakat individu yang sesungguhnya dipersiapkan untuk memajukan perekonomian dan mengurangi kemiskinan negara.

Individu - individu yang dihasilkan dari universitas harus menjadi angkatan kerja yang mumpuni dan lincah dalam menghadapi aneka tantangan di dunia kerja.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1658 seconds (10.177#12.26)