SKSG UI, PPI Dunia, dan Istanbul Medipol University Cari Solusi Hadapi Megatrend 2045

Kamis, 10 November 2022 - 15:51 WIB
loading...
SKSG UI, PPI Dunia, dan Istanbul Medipol University Cari Solusi Hadapi Megatrend 2045
SKSG UI menggelar kembali menggelar konferensi internasional The 6th ICSGS pada 9-10 November 2022 di Istanbul Turki. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) kembali menggelar agenda rutin tahunan konferensi internasional bertajuk 'The Sixth International Conference on Strategic and Global Studies (6th ICSGS). Konferensi ini digelar secara bauran pada Rabu-Kamis, 9-10 November 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di Istanbul, Turki bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI Dunia) dan Istanbul Medipol University, mengusung tema “Megatrend 2045: The Future of Global Order Challenges and the Changeability of Geostrategy.”

Kegiatan ini akan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, International Office Coordinator of Istanbul Medipol University Prof. Dr. A. Selim Vardarbaş, serta Direktur SKSG UI Athor Subroto. Selain itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Turki, H.E. Dr. Lalu M. Iqbal turut diundang sebagai pembicara kunci pada konferensi tersebut.

Baca juga: 2 Mahasiswa Vokasi UGM Sukses Magang di Inggris Melalui IISMAVO

Konferensi kali ini akan dihadiri lebih dari 200 peserta baik langsung maupun virtual dari Indonesia, Turki, Thailand, Filipina, İndia, Somalia, dan Afrika.

Direktur SKSG UI Athor Subroto menyampaikan, konferensi ini didasarkan pada beberapa masalah yang sering dibahas sebagai masalah global seperti tingkat inflasi yang tinggi, kekurangan makanan, pangan, air dan medis, krisis Rusia-Ukraina, tekanan ekonomi, krisis energi, persaingan geopolitik AS-China, Islamofobia, sengketa wilayah, terorisme, dan keamanan siber.

Untuk membahas permasalahan tersebut, SKSG UI telah mengundang perwakilan dari pemerintah, akademisi, peneliti, dan organisasi non-pemerintah untuk bergabung dan terlibat dalam konferensi.

“Kami mewakili lembaga pendidikan akan selalu mendukung setiap kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan akademik dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat," kata Athor dalam keterangan resmi, Kamis (10/11/2022).

Athor menambahkan, 6th ICSGS mendapat kehormatan dengan menghadirkan para pembicara dari dalam dan luar negeri dengan berbagai macam disiplin keilmuan. Konferensi akan dibagi menjadi beberapa panel dengan tema pilihan dan pada sesi presentasi makalah akan dipandu oleh salah satu ketua yang memiliki keahlian di bidang kajian tersebut.

Baca juga: Ini 4 Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang Masuk QS Asia University Rankings 2023

Saat ini, Panitia 6th ICSGS telah menerima banyak abstrak terkait topik-topik yang diangkat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1857 seconds (11.210#12.26)