Bantu Lulusannya Berkarier, ITS Adakan Career Development Programme

Sabtu, 12 November 2022 - 08:40 WIB
loading...
Bantu Lulusannya Berkarier, ITS Adakan Career Development Programme
Bekali lulusannya untuk terjun ke dunia kerja, ITS menggelar pembukaan Career Development Programme (CDP). Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Bekali lulusannya untuk terjun ke dunia kerja , Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) Surabaya gelar pembukaan Career Development Programme (CDP). Dihelat di Gedung Research Center, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pola pikir Merdeka Berkarier bagi mahasiswa.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Prof Dr Ir Adi Soeprijanto memaparkan program ini merupakan bentuk tanggung jawab ITS terhadap mahasiswa dan lulusannya. ITS ingin memastikan para lulusan mempunyai kompetensi dan kemampuan yang mumpuni untuk memulai karier pascakuliah. “Baik itu karier yang sejalan dengan bidang studinya maupun yang tidak,” tuturnya, dikutip dari laman ITS, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Selamat, Prof. Sajidan Terpilih Sebagai Rektor UNS Periode 2023-2028

Menanggapi hal tersebut, Nuriyadi ST, salah satu inisiator CDP mengatakan, program ini hadir untuk menyelesaikan permasalahan mahasiswa yang masih bingung akan menjadi apa pasca kelulusan nanti. Sebagian berhasil meniti karier yang linier dengan bidang studinya, namun tak sedikit pula yang menjalani profesi di luar bidang asalnya. Oleh karena itu, Yadi beranggapan penting untuk memberi bekal pada para mahasiswa sebelum lulus.

Dicanangkan sejak Februari 2022, CDP berhasil disempurnakan setelah melalui proses diskusi panjang. Secara umum, peserta dari program ini akan dibagi menjadi tiga kriteria, yakni bidang profesional, entrepreneur, dan researcher. Peserta dari ketiga kategori ini akan mengikuti kelas daring seminggu sekali, mentoring dua minggu sekali, dan Carieer Talk yang akan mengundang alumni maupun profesional. “Para narasumber yang akan diundang memiliki karier yang mungkin belum terpikirkan oleh para peserta,” terang Yadi.

Mengenai kriteria kelulusan peserta program, pria yang hobi berolahraga ini menyebut akan ada nilai akumulasi kehadiran yang harus dipenuhi. Setelah memenuhi target kehadiran, para peserta akan dinyatakan lulus pelatihan dan mendapat sertifikat.

“Sertifikat ini menunjukkan kompetensi baru yang mereka kuasai,” lanjutnya. Baca juga: Melalui IISMAVO, Mahasiswa Vokasi Bisa Magang di Industri Kelas Dunia Inggris

Tidak berjalan sendiri, program yang dihelat alumni bersama Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir (PK2) ITS ini menggandeng Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang juga menggagas program serupa yakni Millenial Job Center. Tidak berhenti sampai di situ, kerjasama dengan Yayasan Generasi Tunas Unggul (Yagitu) dan Pemimpin.id pun turut dilakukan.

Terakhir, dia menyampaikan harapan agar CDP dapat menjadi agenda berkelanjutan. Seremonial ini tidak semata menjadi pembukaan program, namun juga menjadi satu langkah untuk menghilangkan rasa bingung mahasiswa setelah lulus kuliah. “Pada akhirnya program ini ada untuk menanamkan pola pikir Merdeka Berkarier pada mahasiswa,” tandasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1879 seconds (10.101#12.26)