Calon Mahasiswa Perlu Tahu 5 Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur

Senin, 14 November 2022 - 14:34 WIB
loading...
Calon Mahasiswa Perlu Tahu 5 Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur
Teknik Sipil. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pada industri konstruksi dan proyek pembangunan biasanya membutuhkan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknik sipil dan arsitektur. Jurusan ini mempelajari pentingnya disiplin yang berhubungan dengan proses menciptakan struktur seperti gedung, bandara, tempat ibadah dan rumah.

Kedua jurusan ini memiliki fungsi kritis yang penting dalam pekerjaan konstruksi apa pun dan mereka saling mengandalkan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Baca juga: Ini Daftar 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2023

Kedua jurusan ini umumnya serupa namun, ada perbedaan yang jelas antara teknik sipil dan arsitektur. Faktanya, mereka memiliki peran yang terdefinisi dengan baik yang membuat mereka dapat dibedakan satu sama lain.

Arsitek biasanya terlibat dalam tahap pra konstruksi (perancangan, perencanaan) dan tidak mengawasi proses konstruksi itu sendiri. Sebagai seorang arsitek, Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda di kantor.

Teknik Sipil jauh lebih luas daripada Arsitektur dan berkaitan dengan desain, perencanaan, dan konstruksi bangunan, jalan, jembatan, bendungan, terowongan, dan proyek infrastruktur lainnya. Insinyur sipil terlibat dalam semua fase konstruksi (merancang, merencanakan, mengawasi proses konstruksi).

Baca juga: UI Masih Jadi Kampus Terbaik di Indonesia versi QS Asia University Rankings 2023

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kedua jurusan ini, berikut 5 perbedaan yang terdapat pada jurusan teknik sipil dan arsitektur:

1. Jurusan Arsitek berfokus dalam bergambar dan Teknik Sipil Berfokus dalam perhitungan

Kedua jurusan ini memang sama karena berasal dari Fakultas Teknik, namun dalam segi pembelajarannya kedua jurusan ini sangat berbeda. Jurusan Arsitektur lebih banyak mempelajari mengenai bagaimana untuk mendesain bangunan seperti rumah, gedung bertingkat dan lain sebagainya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2425 seconds (10.55#12.26)