Ini 5 Fakta Menarik Alasan di Balik Syarat Masuk SD 7 Tahun

Rabu, 16 November 2022 - 13:56 WIB
loading...
Ini 5 Fakta Menarik Alasan di Balik Syarat Masuk SD 7 Tahun
Siswa sekolah dasar mengikuti upacara bendera di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berdasarkan penelitian dalam Journal of Education and Educational Development tahun 2016 syarat masuk sekolah dasar (SD) adalah anak berusia 7 tahun.

Disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan alasan di balik mengapa syarat masuk SD anak harus berusia 7 tahun salah satunya adalah karena ketika anak berada pada rentang usia kurang dari 7 tahun maka sang anak akan kesulitan untuk menerima dan mengikuti pelajaran di sekolah.



Hal ini karena pada usia tersebut kemampuan anak di bidang akademik dan kemampuan sosial yang dimilikinya belum dapat berproses sempurna dan sangat terbatas.

Menurut laporan dari Guardians, usia anak yang memasuki SD dengan syarat usia yang cukup lebih memiliki kesempatan 20% untuk dapat melanjutkan pendidikan di universitas, jika dibandingkan dengan anak yang mulai bersekolah pada uia yang belum cukup.

Di Indonesia, berdasarkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, syarat masuk SD adalah anak minimal berusia 7 tahun.



Namun, bagi anak yang berusia 5 tahun 6 bulan ketika tanggal 1 Juni setiap tahun berjalan maka diperkenankan mendaftar apabila sang anak memiliki kecerdasan atau bakat serta psikis yang siap disertai surat dari psikolog profesional.

Lalu apa saja sih, alasan mengapa syarat masuk SD anak harus berusia 7 tahun? Berikut ulasannya.

1. Pola pikir dan perilaku anak yang lebih siap
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2112 seconds (0.1#10.140)