UT Raih Peringkat Pertama Kategori Satker BLU Lingkup Kanwil DJPb Banten

Rabu, 16 November 2022 - 20:17 WIB
loading...
UT Raih Peringkat Pertama Kategori Satker BLU Lingkup Kanwil DJPb Banten
UT kembali mendapatkan prestasi dan apresiasi dari Kanwil DJPb Provinsi Banten atas diraihnya Peringkat Pertama Satker dengan IKPA Tertinggi Triwulan III 2022 Kategori Satker BLU. Foto/Dok/UT
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) kembali mendapatkan prestasi dan apresiasi dari Kanwil DJPb Provinsi Banten atas diraihnya Peringkat Pertama Satuan Kerja dengan Indikator Pelaksanaan Kinerja Anggaran (IKPA) Tertinggi Triwulan III Tahun 2022 Kategori Satker BLU. Universitas terbuka memperoleh nilai IKPA tertinggi yaitu 90,63.

Penghargaan itu untuk Kategori Satker BLU Lingkup Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (DJPb) Provinsi Banten. Pemberian penghargaan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Evaluasi APBN bertajuk Stakeholder’s Day 2022 berupa Service Excellence dengan tema: Evaluasi Pelaksanaan APBN 2022 dan Asset Liability Commitee (ALCo) Regional.



Prof. Dr. Ali Muktiyanto, M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum yang hadir mewakili Rektor UT, menyampaikan kiat UT sehingga dapat meraih anugerah terebut. Secara berjenjang, sistemik dan sistematis, UT menyusun perencanaan dan anggaran tahunan berbasis kinerja (performance).

"Selanjutnya untuk mencapai efektivitas, efisiensi dan ekonomis serta produktivitas anggaran, UT mengoptimalkan perencanaan dan prognosis triwulanan sebagai monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan dan realisasi kegiatan dan anggaran pada keseluruhan unit UT se-Indonesia," kata Prof. Dr. Ali Muktiyanto dalam keterangannya, Rabu (16/11/2022).

Salah satu tantangan yang nyata, lanjut dia, adalah pengelolaan anggaran tahunan yang sangat besar. Namun, sebagaimana disampaikan oleh pihak Kanwil DJPb Provinsi Banten, bahwa UT tidak memiliki kendala dalam pelaporan pengesahan pendapatan dan belanja secara periodik. Bahkan pada akhir tahun, frekuensi pengesahan tersebut dilakukan lebih intensif.



Prof. Ali saat menerima penghargaan dari Kanwil DJPb Provinsi Banten menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh pejabat unit beserta penjabat pengelola keuangan unit serta seluruh pegawai yang telah bekerja keras, berdedikasi, berkomitmen, dan berkesungguhan yang disertai doa dalam menjalankan amanah pengelolaan keuangan UT.

Beliau pun menyampaikan ucapan rasa syukur karena untuk kesekian kalinya UT mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari publik dan stakeholders. Atas capaian prestasi ini, Universitas Terbuka ke depannya diharapkan dapat tetap mempertahankan layanan service excellent, khususnya dalam pengelolaan keuangan secara akuntabel dan transparan.

Tantangan UT ke depan semakin besar, seiring perubahan status menjadi PTNBH. UT diharapkan dapat menerapkan tata kelola keuangan yang otonom dalam kerangka Good University Governance.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)