Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022, Memelihara Budaya, Melestarikan Mite

Selasa, 22 November 2022 - 16:26 WIB
loading...
Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022, Memelihara Budaya, Melestarikan Mite
Ayo Dongeng Indonesia kembali menghadirkan Festival Dongeng Internasional Indonesia yang akan berlangsung secara hybrid agar dapat dinikmati secara daring maupun luring.
A A A
BALI - Menjelang Hari Dongeng Nasional, Ayo Dongeng Indonesia bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Festival Dongeng Internasional Indonesia (#FDII2022). Mengangkat Tema “Mite dari Timur”, Peluncuran Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022 dimulai dengan Festival Pembuka di Taman Baca Ubud, Bali. Acara ini juga disiarkan langsung di Instagram @AyoDongeng_Ind.

“Tahun ini adalah FDII offline pertama setelah pandemi dan masa-masa online 2 tahun belakangan. Keluarga Indonesia tentu sudah menantikan untuk dapat menikmati kembali pertunjukan dongeng secara langsung. Kami berharap Festival tahun ini dapat mengembalikan semangat serta kebahagiaan anak-anak Indonesia. ”Ujar Cahyono Budi atau yang lebih dikenal dengan Kak BudiBaikBudi selaku Direktur Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022.

Kekayaan budaya Nusantara melalui keberagaman tradisi tuturnya menjadi harta yang perlu terus diangkat. Melestarikan budaya salah satunya dengan mengangkat kembali, mengemas ulang, dan memberikan ruang untuk tradisi tutur agar bisa selalu dinikmati. Mite adalah salah satunya, berupa prosa rakyat atau cerita yang juga bisa mengajarkan banyak nilai selain tentunya mengajak kita untuk mengenal budaya lebih dekat lagi.

Mite bercerita mengenai asal usul hingga menjadi sesuatu yang dipercaya dan membentuk sebuah tradisi, seperti cerita Dewi Sri dan asal mula Padi hingga mite tentang Kalarahu dan gerhana. Inilah yang mendorong kami, Ayo Dongeng Indonesia, untuk mengangkat kembali "Mite dari Timur" sebagai cara untuk memelihara budaya dan menjadikannya sebagai tema Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022 (#FDII2022).

Untuk pertama kalinya, di masa pasca pandemi, Ayo Dongeng Indonesia kembali menghadirkan Festival Dongeng Internasional Indonesia yang akan berlangsung secara hybrid agar dapat dinikmati secara daring maupun luring. Menyambut kebahagiaan keluarga di masa pasca pandemi, para penjaga mimpi mengajak banyak pendongeng untuk mite dari berbagai daerah pada 20, 26, dan 27 November 2022.

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2022 di luncurkan di Taman Baca Ubud, Bali pada 20 November 2022 dengan Festival Pembuka bersama Yayasan Mudra Swari Saraswati dan Ubud Writers and Readers Festival. Dibuka oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tak kalah seru, #FDII2022 akan berlanjut secara daring pada 26 November 2022 di kanal instagram @AyoDongeng_Ind yang akan menampilkan banyak pendongeng dari dalam dan luar negeri. Selanjutnya acara akan berlangsung di Institute Francais Indonesia, menampilkan dongeng untuk dewasa dan remaja dari The Nest.

Acara puncak yang digelar pada 27 November 2022 akan menampilkan pertunjukan menakjubkan selanjutnya. Bertempat di Museum Nasional, #FDII2022 menghadirkan para pendongeng nasional dan internasional di antaranya, Pak Gede Tarmada dari Bali, Kak BudiBaikBudi dari Ayo Dongeng Indonesia, PM Toh dari Aceh, Agus DS dari Bogor, serta Jeeva Raghunath dari India dan Prasong Saihong dari Thailland. Akan hadir juga Dongeng Istimewa dari Laksmi de Neefe, Puteri Indonesia 2022.

Lengkap sudah #FDII2022 yang dipersembahkan bagi anak-anak Indonesia. “Tidak berhenti hanya sebagai sebuah festival, kami berharap kegiatan ini menjadi inspirasi dan mengingatkan kembali orangtua dan pendidik di seluruh Indonesia untuk terus bercerita, mendongeng bagi anak- anak mereka, karena imajinasi tidak akan pernah berhenti dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu,”
tegas Kak BudiBaikBudi.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3599 seconds (0.1#10.140)