DPR Soroti Fasilitas Beasiswa bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Rabu, 23 November 2022 - 16:53 WIB
loading...
DPR Soroti Fasilitas Beasiswa bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus
Mahasiswa disabilitas masuk kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Haerul Amri menyoroti fasilitas beasiswa bagi mahasiswa penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus. Menurutnya, perlu ada pemenuhan fasilitas yang menjadi kebutuhan mereka untuk bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus tersebut.

“Apa yang menjadi cita-cita mereka juga (harusnya) dapat berhasil dengan segala keterbatasan fisik yang mereka miliki. Tentunya, ini harus ada diskresi khusus bagaimana memberikan beasiswa khusus juga kepada keluarga kita yang berkebutuhan khusus ,” kata Haerul dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).



Ia menjelaskan di Daerah Pemilihannya, Probolinggo, terdapat siswa-siswi SD penyandang disabilitas yang usianya sudah mencapai 14 tahun namun baru pada tahap kelas 2.

Menurutnya, kampus harus merumuskan solusi untuk menangani hal seperti ini. Sehingga, mereka (para penyandang disabilitas tetap) dapat mendapatkan beasiswa meski usianya itu berbeda dengan mahasiswa yang lain.

Karena itu, ia berharap beberapa kampus yang sudah mulai menerapkan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) bisa memfasilitasi hal tersebut bagi para penyandang disabilitas.



“Jangan sampai kampus menjadi ada liberalisasi kampus yang menjadi persoalan penerimaan mahasiswa. Ini yang kita khawatirkan,” terang legislator asal Jawa Timur ini.

Terlebih, ia berharap PSDKU tersebut lebih dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar di kampus tersebut. Karena itu, ia berharap perlu ada pendekatan khusus kepada masyarakat sekitar, misalnya melalui pemberian beasiswa dengan persentase sekian persen kepada mereka.

“Agar mereka masyarakat di daerah setempat khususnya daerah-daerah yang tidak mampu mengenyam pendidikan. Karena persoalan biaya ini bisa mendapatkan fasilitas khusus, dari rektor atau dunia akademiknya untuk masyarakat sekitar," ujar Politisi Fraksi Partai NasDem ini.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)