Begini Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan di STIN, Simak Ya

Senin, 28 November 2022 - 12:59 WIB
loading...
Begini Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan di STIN, Simak Ya
Tahapan seleksi sekolah kedinasan di STIN yang berlaku pada 2022 bisa menjadi gambaran untuk rekrutmen tahun depan. Foto/YouTube Rekrutmen STIN.
A A A
JAKARTA - Bagaimana tahapan seleksi di Sekolah Tinggi Intelijen Negara ( STIN ) bisa menjadi gambaran bagi lulusan SMA yang tahun depan ingin mendaftar di salah satu sekolah kedinasan favorit ini. Para lulusan STIN setelah lulus kuliah pun bisa diangkat menjadi CPNS.

STIN merupakan perguruan tinggi kedinasan di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). Bagi lulusan SMA dan sederajat yang lulus seleksi bisa kuliah gratis hingga lulus.

STIN juga menyediakan asrama bagi para taruna dan taruninya. Dilengkapi fasilitas pendidikan yang modern, mereka akan dilatih menjadi Indonesian Cyber Task Force dan ahli dalam bidang Biomedical Hazard.

Pada Seleksi Penerimaan STIN 2022, sekolah yang pendiriannya diprakarsai mantan Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. A.M. Hendropriyono ini menerima 300 mahasiswa baru.

Baca juga: Begini Tahapan Menjalani Pendidikan Dokter Umum hingga Spesialis di Indonesia

Saat itu, calon mahasiswa yang diterima adalah minimal SMA/SMK/MA (bukan lulusan paket C) dengan ketentuan lulusan SMA/SMK/MA tahun 2020 dan 2021, nilai rata-rata ijazah minimal 80. Bagi lulusan SMA/SMK/MA tahun 2022, nilai rata-rata rapor semester 1 s/d semester 5 minimal 75.

Selain itu tidak buta warna dan apabila berkacamata, maksimal ukuran 1 baik + (plus) atau - (minus). Tinggi badan minimal putra adalah 165 cm dan putri adalah 160 cm. Syarat lainya adalah tidak bertato, bertindik, dan tidak pernah terlibat tindak pidana.

Lalu bagaimanakah sistem seleksi sekolah kedinasan di STIN? Berkaca pada Pengumuman Seleksi Penerimaan Taruna-Taruni Sekolah Tinggi Intelijen Negara TA 2022/2023, tahapan seleksinya adalah sebagai berikut.

1. Seleksi Kompetensi Dasar
2. Tes Psikologi
3. Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa
4. Tes Kesamaptaan Jasmani
5. Tes Mental Ideologi/Wawancara.

Baca juga: ITS Luncurkan MEvITS, Mobil Listrik Multiguna yang Elegan dan Stylish

Bagi kalian yang tertarik kuliah di STIN, berikut ini program studi yang tersedia di kampus yang berlokasi di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2637 seconds (11.252#12.26)