Optimalkan Pendayagunaan Zakat, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Cendekia

Rabu, 30 November 2022 - 16:39 WIB
loading...
Optimalkan Pendayagunaan Zakat, UPZ Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa Cendekia
Unit Pengumpul UPZ Pupuk Kaltim kembali menyalurkan Beasiswa Cendekia bagi 273 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ Pupuk Kaltim) kembali menyalurkan Program Beasiswa Cendekia bagi 273 mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Penyaluran beasiswa ini untuk mendukung peningkatan SDM melalui pendidikan.

Ketua UPZ Pupuk Kaltim Nur Sahid menjelaskan, Beasiswa Cendekia merupakan wujud pendayagunaan zakat melalui peningkatan kompetensi dan keterampilan masyarakat, yang sejalan dengan Peraturan Baznas RI No 3/2018 tentang Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat. Seluruh penerima Program Beasiswa Cendekia periode ini merupakan warga Bontang yang tersebar di 15 kelurahan, dengan total manfaat senilai Rp1,2 Miliar.

Para penerima merupakan mahasiswa aktif yang kini tengah menempuh perkuliahan di 46 perguruan tinggi negeri dan swasta Indonesia. Seluruhnya telah melalui proses verifikasi berupa tes dan survei menggunakan tools Had Kifayah sesuai rekomendasi Baznas RI, serta mekanisme syarat sesuai prinsip '3A' yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi dan Aman NKRI.

"Penyaluran beasiswa pun terbagi dalam empat kategori penerima, masing-masing beasiswa Stimulan Belajar bagi 217 mahasiswa, kategori Tugas Akhir untuk 32 mahasiswa, kategori Hafidz Qur'an 18 mahasiswa dan kategori Prestasi Juara 5 mahasiswa," ujar Nur Sahid, dalam keterangannya, Rabu (30/11/2022).

Baca juga: Kuliah di Belanda, Beasiswa Orange Tulip Scholarship Telah Dibuka

Beasiswa Cendekia merupakan salah satu program unggulan UPZ Pupuk Kaltim dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Kota Bontang, yang sejalan dengan lima pedoman Baznas RI meliputi pendidikan, ekonomi, kesehatan, kemanusiaan serta dakwah dan advokasi.

Sejak awal 2020, UPZ Pupuk Kaltim telah menyalurkan zakat bagi 813 mahasiswa untuk jenjang Diploma 3 dan Strata 1 dengan total nilai penyaluran Rp2,78 miliar lebih. Besaran beasiswa pun beragam, berdasarkan komponen penilaian yang disyaratkan sesuai kategori bagi calon penerima.

Setiap tahun program ini mendapat antusias tinggi di masyarakat, dibuktikan banyaknya jumlah pendaftar yang kali ini mencapai 361 orang. Seluruhnya melalui tahapan seleksi dan verifikasi, hingga 273 mahasiwa dinyatakan lolos sesuai kriteria.

"Para penerima beasiswa UPZ Pupuk Kaltim merupakan mahasiswa yang belum pernah atau tidak terakomodasi pada program beasiswa Pemerintah. Sehingga penyaluran dipastikan tepat sasaran sesuai manfaat, dengan serangkaian seleksi dan verifikasi langsung di lapangan," tambah Nur Sahid.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, mengungkapkan beasiswa cendekia merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas hidup mustahik melalui pendidikan, agar mampu bersaing dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Sehingga ke depan, para penerima beasiswa memiliki kesempatan kerja lebih luas dari keahlian yang dimiliki serta mampu menjadi muzakki untuk turut memberi manfaat bagi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)