Top! UI Juara Umum Kompetisi Pemrograman Tertua di Dunia

Kamis, 01 Desember 2022 - 09:40 WIB
loading...
Top! UI Juara Umum Kompetisi Pemrograman Tertua di Dunia
UI meraih juara umum kompetisi pemrograman tertua di dunia ICPC Asia Jakarta Regional Contest 2022. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Komputer ( Fasilkom ) Universitas Indonesia ( UI ) menjadi juara umum Kompetisi The International Collegiate Programming Contest (ICPC) Asia Jakarta Regional Contest 2022. Sebagai kontes pemrograman tertua di dunia sejak tahun 1977, penyelenggaraan ICPC tahun ini sudah memasuki yang ke-45.

ICPC Asia telah digelar di Bina Nusantara University (BINUS). Tim Fasilkom UI berhasil meraih gelar juara 1, 2, 3 dan ditetapkan sebagai Best National Team dari 60 lokal tim yang berpartisipasi dalam kompetisi bergengsi tersebut. Tim Fasilkom UI yang berhasil meraih peringkat pertama, kedua, dan ketiga, adalah tim Stacky.py, Bingung Weh, dan Kotlin Enjoyers.

Baca juga: Salut! Ibu dan Anak Ini Kompak Kuliah hingga Sidang Tesis Bareng di Unesa

Di bawah bimbingan staf pengajar Fasilkom UI yang pernah meraih penghargaan Coaching Award ICIC World Finals 2020 Denny, ketiga tim Fasilkom UI itu harus bersaing dengan 60 lokal tim dengan total 180 peserta (mahasiswa) dari berbagai universitas di Indonesia yang masuk ke babak Asia Region Jakarta di antaranya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, IPB University, dan BINUS.

Dekan Fasilkom UI Dr. Ir. Petrus Mursanto mengatakan, capaian membanggakan tersebut menunjukkan kualitas pembelajaran di Fasilkom UI yang sangat mumpuni untuk para mahasiswa berkompetisi di kancah internasional.

“Selamat untuk prestasi para mahasiswa kita pada ajang ICPC Asia Regional Jakarta 2022. Semoga capaian ini menjadi kontribusi nyata bagi pengembangan digital talents di Indonesia. Ke depannya Fasilkom UI terus mencetak sumber daya manusia yang kompetitif di bidang ilmu komputer tidak hanya di level nasional namun juga di tingkat internasional,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (1/12/2022).

Sebelumnya tim Fasilkom UI meraih predikat High Honours pada penyelenggaraan ICPC World Finals ke-44 di Moscow tahun 2021. Saat itu tim Fasilkom UI sukses mengamankan posisi pada urutan ke-32 di dunia dan berhasil mengungguli Stanford University yang berada pada urutan ke-51.

Baca juga: Ini 10 Universitas yang Alumninya Paling Banyak Lulus CPNS

ICPC merupakan kontes pemrograman perguruan tinggi dengan level internasional dan berfokus pada pemrograman algoritmik yang bertujuan untuk pemecahan masalah. Kemenangan tim Fasilkom UI pada ajang ICPC Regional Jakarta tahun 2022 tidak terlepas dari UI juga dukungan para sponsor yaitu SeaGroup (Shopee Indonesia) dan Huawei Singapore.

Fasilkom UI akan kembali berkompetisi mewakili UI dan Indonesia mengikuti ICPC World Finals berikutnya yang akan dilaksanakan di Dhaka, Bangladesh, pada 2023 mendatang. Berikut nama-nama mahasiswa yang tergabung dalam tim Fasilkom UI dan meraih peringkat 1,2,3 di ICPC Asia Jakarta Regional Contest 2022:
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2818 seconds (11.252#12.26)