Teknik Industri Swiss German University Gelar Workshop Predictive Maintenance

Kamis, 01 Desember 2022 - 09:25 WIB
loading...
A A A
Berbagai penyebab human error dijelaskan mulai dari petunjuk atau alat ukur yang ketinggalan zaman sampai tingkat stres dan kelelahan yang dialami oleh pekerja.

Sebagai pembicara ke empat dari Workshop ini, Dr. Tanika D Sofianti membawakan materi denganjudul “Maintenance Inventory Control Towards Industry 4.0”. Sesi ini membahas pentingnya sebuah manajemen persediaan untuk kegiatan maintenance pada keberhasilan sebuah manajemen perawatanatau maintenance management.

"Di dalam sebuah manajemen persediaan, sangat diperlukan metode yang tepat untuk dapat meminimalisir biaya atau cost dengan tetap memenuhi kebutuhan parts untuk kegiatan manajemen perawatan," kata Dr. Tanika D Sofianti dalam keterangan pers, Kamis (1/12/2022).

Dr Tanika menjelaskan pentingnya untuk meminimalisir dampak dari sebuah penggunaan peralatan terhadap lingkungan, dengan melakukan kegiatan manajemen perawatan sebaik mungkin, dan didukung oleh sebuah sistem manajemen persediaan spare parts yang baik.

Dijelaskan pula berbagai jenis persediaan dan metode untuk mengendalikan level persediaan pada di titik dengan biaya minimum dan tetap dapat memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggan pada waktu yang tepat dan jumlah yang benar.

Workshop Predictive Maintenance diakhiri dengan sesi oleh Livano Yudistira dari PT AWASIN. Beliau menunjukkan keuntungan dari implementasi predictive maintenance.

Dia juga menjelaskan mengenai manfaat predictive maintenance baik dari segi ekonomi dan maupun dari sudut pandang operasi di mana pemeliharaan secara prediktif atau predictive maintenance dapat mengurangi biaya dan kerugian yang ditimbulkan karena peralatan industri yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sementara, Livano dalam kesempatan itu memperagakan beberapa instrumen dan peralatan yang telahdikembangkan oleh PT Awasin untuk keperluan predictive maintenance di beberapa fasilitas industrimaupun konstruksi.

Industrial Engineering Swiss German University (SGU) bersama PT. Andal Wahana Sinergi (AWASIN)dan Techsource Systems menyelenggarakan kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan communityservice, yang bertujuan untuk meningkatkan awarenesses masyarakat Industri mengenai pentingnyaPredictive Maintenance.

Selain itu, workshop ini juga memberikan cara untuk mengimplementasikan Predictive Maintenance dengan tepat sehingga dapat mencapai tujuan utama dari implementasi Predictive Maintenance.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)