Al-Azhar Kelapa Gading Gelar Leadership Training untuk Bangun SDM Unggul

Kamis, 01 Desember 2022 - 19:19 WIB
loading...
Al-Azhar Kelapa Gading Gelar Leadership Training untuk Bangun SDM Unggul
Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading menggelar Leadership Training untuk membangun SDM unggul dalam menghadapi era Society 5.0. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lahirnya Era Society 5.0 menjadi tantangan tersendiri bagi Al-Azhar Kelapa Gading dalam mempersiapkan dan membangun SDM Unggul. Saat ini para leader dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas dan memiliki literasi digital.

Ketua Pelaksana Harian Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading Irsan Nurfaqih Sjamhudi menjelaskan, membangun SDM Unggul terutama bagi para pimpinan di seluruh Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dan Surabaya penting dilakukan saat ini.

“Hal ini menjadi sebuah keharusan dalam rangka peningkatan kualitas dan efektivitas organisasi yang mampu mengikuti tuntutan perubahan yang begitu cepat seperti era Society 5.0 saat ini,” kata Irsan, dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Kemendikbudristek Dukung Imunisasi untuk Anak Sekolah

Dia menjelaskan, Era Society 5.0 adalah era manusia dan teknologi akan berdampingan di dalam menjalani hidup dan akan saling membantu dalam meningkatkan kualitas hidup. Di era ini juga perkembangan teknologi begitu pesat dan berpengaruh dalam hidup manusia termasuk berpengaruh terhadap organisasi.

“Dengan lahirnya SDM unggul maka diharapkan munculnya para pimpinan Al-Azhar Kelapa Gading yang profesional, produktif, inovatif, mampu bersaing, dan memiliki karakter yang kuat,” ungkapnya.

Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading memiliki perhatian khusus terhadap pembangunan SDM Unggul, Leadership Training merupakan salah satu strategi yayasan dalam menghasilkan SDM Unggul, khususnya pimpinan yang unggul. Leadership Training yang telah dilaksanakan ini diikuti oleh seluruh unsur pimpinan di lingkungan Yayasan dan Perguruan Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta dan juga Surabaya.

Selama tiga hari para peserta training mendapatkan materi-materi yang dibutuhkan seperti Magnet School, Kepemimpinan Transformatif, Communication Skill, Growth Mindset Leader, dan Problem Solving.

“Acara Leadership Training ini merupakan acara tahunan yayasan, dalam rangka peningkatan kualitas dan kapabilitas SDM para pimpinan di lingkungan Al-Azhar Kelapa Gading yang dapat membawa dampak positif bagi roda organisasi. Organisasi membutuhkan sosok pimpinan yang mau berkorban dengan bekerja keras, yang mampu mengelola dan menjalankan roda organisasi,” ujar Waka PH SDM dan Operasional Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading Ifan Budiman.

Baca juga: Berikut 5 Istilah Kegempaan yang Tercatat dalam KBBI

Ifan menambahkan, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana seorang leader mampu mengikuti perkembangan zaman seperti era digital ini. Menurutnya, kepemimpinan di era digital ini adalah Digital Leadership yang merupakan kepemimpin yang mampu memanfaatkan data dan teknologi digital untuk memecahkan masalah yang kompleks,secara kreatif dan inovatif.

Wakil Kepala SMP Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya Angga Yuda Pratama menuturkan, Leadership Training ini sangat menarik dan bermanfaat apalagi untuk seorang pimpinan atau calon pimpinan. Materi yang diberikan oleh narasumber pun begitu komprehensif dan dijelaskan melalui berbagai perspektif.

“Semoga dengan adanya kegiatan kali ini, dapat menambah skill dan pengetahuan sebagai seorang pemimpin Al Azhar Kelapa Gading ke depannya,” ujar Angga yang juga Konten Kreator Matematika dan Trainer Nasional Pendidikan Matematika ini.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3307 seconds (10.177#12.26)