Dukung Prestasi Olahraga, Untar Akan Sediakan Beasiswa Khusus Atlit

Jum'at, 02 Desember 2022 - 17:21 WIB
loading...
Dukung Prestasi Olahraga, Untar Akan Sediakan Beasiswa Khusus Atlit
Jajaran Pengurus Yayasan Tarumanagara dan Rektor Untar berfoto bersama usai peresmian Tarumanaga Arena di kampus Untar Jakarta. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Universitas Tarumanagara ( Untar ) memiliki komitmen untuk memajukan olahraga Tanah Air. Salah satunya Untar berencana untuk menyediakan beasiswa khusus untuk atlit berprestasi.

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan, Untar telah meresmikan Tarumanagara Arena atau lapangan olahraga indoor untuk memfasilitasi kegiatan olahraga mahasiswa. Kegiatan non akademik mahasiswa seperti olahraga patut didukung untuk membangun jiwa sportivitas mahasiswa.

"Kegiatan mahasiswa itu tidak hanya soal akademik namun juga non akademik seperti olahraga. Melalui olahraga karakter yang baik seperti sikap sportivitas pun bisa terbangun dengan baik," katanya usai peresmian Tarumanagara Arena di kampus Untar Jakarta, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah yang Lulusannya dapat Bekerja di Bank BCA

Demi mendukung prestasi dan kemajuan olahraga di Indonesia, guru besar termuda Untar itu menyampaikan, Untar memiliki keinginan untuk merekrut mahasiswa jalur atlit melalui program beasiswa khusus.

"Kami sebenarnya ingin merekrut mahasiswa jalur atlit. Atlit berprestasi kemudian kita beri beasiswa. Sebab di Untar ini dulu banyak mahasiswa dari atlit," ungkap Agustinus.

Dengan sudah adanya fasilitas olahraga yang terbangun di Untar, jelasnya, para mahasiswa atlit itu pun bisa melakukan latihan di kampus. Kemudian ketika sudah masuk jadwal masuk Pelatnas maka kampus bisa memberikan dispensasi kuliah agar mahasiswa tersebut bisa masuk Pelatnas.

Terkait beasiswa ini, tambahnya, pihaknya sudah pernah berdiskusi dengan Susi Susanti dan Alan Budikusuma untuk menjaring atlit-atlit badminton berprestasi yang mau kuliah di Untar dengan beasiswa. Pihaknya pun ingin berkolaborasi dengan KONI untuk menjaring atlit berprestasi tersebut dengan beasiswa khusus.

Baca juga: Simak Alur Pendaftaran SNBP 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Agustinus menyampaikan, adanya fasilitas olahraga ini juga untuk mendukung pemeringkatan perguruan tinggi dunia seperti QS. Sebab, ujarnya, pemeringkatan dunia itu juga menilai fasilitas yang disediakan kampus untuk mendukung kegiatan akademik dan non akademik.

"Fasilitas yang mendukung terlaksananya atmosfir pendidikan yang bagus itu dalam penilaian peringkat harus ada. Salah satunya adalah olahraga," imbuhnya.

Dia menyebutkan, saat ini kampusnya tengah fokus untuk mengisi kriteria-kriteria penilaian Quacquarelli Symonds (QS) 2023. Fasilitas kegiatan kemahasiswaan, katanya, akan dimasukkan dalam sistem pemeringkatan tersebut. Dia pun berharap dengan adanya Tarumanagara Arena ini akan bisa menaikkan peringkat kampusnya di QS.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2752 seconds (11.252#12.26)